Lintas NusaNasional

Plt. Bupati Kupang buka kegiatan Pelatihan Mentoring bagi Guru dan Mentor Paud

Oelmasi (faktahukumntt.com), Pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas harus dilakukan sebaik-baiknya terutama dalam pengembangan Pendidikan anak usia dini (PAUD). Paud merupakan bagian dari pembentukan generasi bangsa kita kedepan yang perlu didik dengan didikan terbaik. Ibarat kertas putih anak dalam usia dini perlu dididik dengan baik bukan hanya soal pengetahuannya saja melainkan mental dan spiritualnya sehingga menghasilkan karakter yang berkualitas.

Demikian disampaikan Plt. Bupati Kupang Korinus Masneno saat membuka kegiatan pelatihan mentoring bagi guru dan mentor PAUD di Kabupaten Kupang, rabu (28 Nov 2018) bertempat di Hotel Timor Kupang NTT.

Hadir dalam kegiatan tersebut kepala Unicef Wil. NTT dan NTB Yudhistira Yewangoe, Kasi Direktorat Pembinaan Paud Kemendikbud Suharno, Ketua TP. Pkk Kab. Kupang Ny. Damaris Mansneno Mooy, Kadis PK Kab. Kupang Imanuel Buan, Kabag Humas Martha Para Ede.

Lebih lanjut di tambahkan Bupati Masneno, pentingnya pengembangan karakter anak sejak usia dini sehingga kelak menghasilkan sdm yang unggul karena punya pengetahuan dan mental spiritual yang baik. Mental spiritual yang baik dan pengetahuan menurutnya ibarat 2 sisi mata uang yang tidak terpisahkan. Kepada para peserta yang hadir dirinya mengharapkan agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sehingga menjadi bekal berharga untuk mendidik anak Paud Kabupaten Kupang dengan lebih baik lagi.

Kepada Unicef dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang telah mendukung terlalsananya kegiatan ini dirinya ucapkan terima kasih. Mendukung pengembangan Paud di Kabupaten Kupang Plt. Bupati Masneno yang juga merupakan Bupati terpilih Kabupaten Kupang nyatakan akan memasukan program-program strategis mendukung Pengembangan Paud dalam Rpjmd 2019-2024.

Kepala Unicef NTT dan NTB Yudhistira Yewangoe menyatakan pelatihan bagi guru dan mentor Paud dilaksanakan dalam rangka mendukung mutu pembelajaran Paud. Kapasitas pengajar sangat menentukan kualitas didikan sehingga pelatihan perlu terus digalakan. Dijelaskan Yudhistira dalam pelatihan ini mendatangkan pengajar dari universitas Waikato negara New Zealand yang memiliki kompetensi yang baik dalam pendidikan anak usia dini. Bahkan jelasnya Negara New Zealand merupakan salah satu negara yang Pendidikan anak usia dininya terbaik didunia. Demi menjaga kualitas dan hasil didikan, pelatihan jelas Yudi dilakukan dengan sistem mentoring sehingga ada pengawasan dan pembinaan berlanjut demi kualitas pengajar terbaik.

Kasi Direktorat Pembinaan Paud Kemendikbud RI Suharno dalam laporannya menyampaikan pentingnya pelatihan paud. Pelatihan ini sendiri merupakan kerjasama antara Pemerintah RI, New Zealand dan Unicef. Sebanyak 63 peserta terdiri dari guru dan mentor paud dilatih selama 4 hari yakni dari tanggal 28 november hingga 1 desember 2018. Peserta jelasnya terdiri dari guru paud yang terintegrasi dalam pengembangan paud Holistik integratif. Harapannya lewat guru yang terampil dan berkualitas akan tingkatkan hasil paud.(**M)

Tags
BACA LEBIH LANJUT

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close