Informasi Terupdate Hari Ini

Wabup Jerry Potensi Wisata Fatuleu Barat Perlu Dikembangkan

0 65

FaktahukumNTT.com, OELAMASI

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Fatuleu Barat, Jumad 12 Juni 2020.

Kehadirannya disambut oleh Camat beserta jajarannya dan 5 (lima) Kepala Desa dari Kecamatan Fatuleu Barat yaitu Desa Poto, Desa Nuataus, Desa Kalali, Desa Naitae dan Desa Tuakau.

Kunjungan kerja kali ini, Wakil Bupati ingin membahas banyak hal penting terkait kebutuhan pembangunan desa, termasuk mengapresiasi perhatian Gubernur NTT, Viktor B. Laiskodat terkait program yang digulirkan Pemprov NTT kepada Kabupaten Kupang yaitu Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) dan TJPS ini diberikan untuk 4 (empat) kecamatan yakni Kupang Tengah, Kupang Timur, Sulamu dan Fatuleu Barat.

Pemkab Kupang mendapat 2.600 hektar dan khusus Kecamatan Fatuleu barat sendiri kurang lebih 100 hektar. Peninjauan langsung oleh Wabup juga di lokasi penanaman lahan Desa Naitae, yang beberapa waktu lalu dilakukan penanaman oleh Bupati Kupang bersama jajaran dan hasilnya luar biasa, kelor dan lamtoro teramba hidup dan tumbuh subur sepanjang 5 hektar dari 30 hektar yang tersedia.

Ditambahkan Jerry, 4 (empat) Kecamatan tersebut mendapat perhatian karena memiliki lahan potensi yang luar biasa seperti sumber air dalam tanah yang cukup bagus serta lahannya cukup luas. untuk itu bantuan berarti seperti traktor, bibit, pupuk, pengadaan sumur bor dan mesin pompa sangat dibutuhkan untuk menunjang TJPS ini.

Selain itu menurut Jerry, peran Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) perlu ditingkatkan. Kepada PPL yg bertugas di Kecamatan Fatuleu Barat, Yohanes Hajo, Jerry meminta agar dalam melaksanakan tugasnya bersama tim lakukan yang terbaik dengan memberikan penyuluhan kepada petani melalui pendekatan kelompok tani dalam mengelola usaha tani agar berjalan efektif dan efisien serta dibekali data yang akurat.

Kepada Aparat Pemerintah Kecamatan dan Desa Wabup juga meminta untuk selalu bangun koordinasi dengan stakeholder agar pembangunan dan kesejahteraan di kecamatan ini bisa dirasakan seluruh masyarakat.

Selain itu, Jerry memotivasi para Kades di Kecamatan Fatuleu Barat agar bekerja lebih giat lagi khususnya di lokasi penanaman agar kedepan siapa tahu bisa direkomendasi penanaman simbolis oleh Gubernur dan Menteri di Kecamatan ini.

Terkait proyek yang sedang berjalan di kecamatan ini khususnya jalan infrastuktur di Desa Poto dan Tuakau, menurut Jerry, ini anugerah Tuhan lewat Bapak Gubernur sehingga pengerjaan jalan ini bisa dilaksanakan yang alokasi dananya bersumber dari APBD 1 sehingga ke depan warga bisa menikmati jalan yang bagus ini.

Sementara untuk kontraktor, Wabup Kupang berpesan bekerjalah dengan hati karena pekerjaan ini kurang lebih dengan dana sekitar 41 miliar yaitu 37 miliar untuk jalan sekitar 9 km lebih dan  4 miliar untuk jalan 1,4 km, sekiranya tidak hanya dinikmati oleh kontraktor saja melainkan perhatikan juga masyarakat di desa ini dengan memanfaatkan alam yang diambil materialnya tolong untuk dijaga, dilihat kembali dan ditata dengan baik.

Perlu diingat bahwa  ke depannya jikalau ‘kali’ tempat material tersebut rusak, tidak mungkin kontraktor datang perbaiki, pastilah swadaya Kades turun bersama masyarakat.

Wabup Kupang mengakui wisata terutama panorama pantai Fatuleu Barat yang indah dengan didukung masyarakatnya yang ramah, tentunya merupakan modal dasar untuk keberlangsungan pengembsngan objek wisata. Dijanjikannya, akan hadirkan investor ke Kecamatan ini agar potensi lahan yang bagus adapun tempat wisata pantai yang indah dapat dikembangkan menjadi lebih baik.

Tentang Puskesmas Poto Fatuleu Barat, Jerry mengatakan meski bangunan lama namun puskesmasnya cukup bersih dan representatif. Kedepan beliau mengharapkan agar puskesmas ini bisa jadi puskesmas rawat nginap karena jauh dari kota.

Turut mendampingi Wabup Kupang, Kadis Pertanian Kabupaten Kupang, Sekretaris Satpol PP dan damkar Kabupaten Kupang, Kabag Humas Setda Kabupaten Kupang, Perwakilan Dinas PU, Dinas PMD dan Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Kabupaten Kupang. (Merci/JB)

Comments
Loading...