Era Pandemi Covid-19, Bank NTT Cabang Mbay sampaikan Kabar Baik Bagi Petani Sawah di Irigasi Mbay.

Dibaca 541 kali

Faktahukumntt.com – NAGEKEO,
Bank Nusa Tenggara Timur (NTT) Cabang Mbay dikabarkan Membangun relasi dengan UD Alansamat Mbay dalam hal Menawarkan Bantuan Modal Usaha pengolahan sawah Bagi Petani sawah di irigasi Mbay, Kabupaten Nagekeo, Propinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT).

Geliat Bank NTT Menggandeng UD. Alansamat merupakan Upaya mendukung Program Pemerintah Kabupaten (pemkab) Nagekeo terkait pemberdayaan petani irigasi Mbay, demi meningkat produktivitas petani padi.

”Demi ketahanan pangan, Bank NTT Cabang Mbay, menggandeng UD Alansamat memberikan modal usaha untuk petani sawah di Aeramo, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo” Ungkap Direktur UD Alansamat, Siprianus Go’o pada senen, (24/08/2020).

Menurut Siprianus masalah modal usaha masih menjadi kendala utama bagi para petani dalam menjalankan usaha tani mereka, Apalagi ditengah wabah Covid-19, terkadang petani mesti terjerat hutang dari rentenir atau dari pedagang pengumpul yang menyebabkan mereka terlilit hutang dengan suku bunga yang relatif tinggi serta kendala lainya muncul karena lemahnya bargaining position dalam penentuan harga jual produk pertanian para petani.

“Luas Lahan sawah petani di wilayah Desa Aeramo kurang lebih 500 Ha.
Dari luas lahan tersebut sekitar 75 % lahannya subur untuk kegiatan pertanian khusus padi dengan hasil panennya rata-rata di atas 4 ton. Sedangkan lahan yang masuk kategori tidak subur, hasil panennya rata-rata di bawah 4 ton. Meskipun demikian, petani Aeramo tetap hidup di bawah standar kemisikinan. UD Alansamat dan Bank NTT Cabang Mbay, siap mendukung program pemerintah dalam hal pemberdayaan petani Irigasi mbay demi meningkatkan produktivitas panen Padi. Dengan slogan petani sejahtera, kami bahagia,” Terang Siprianus Go’o.

Sementara itu, salah seorang Petani Irigasi Mbay asal Desa Aeramo, Nus Ngada mengatakan dengan kehadiran UD Alansamat sangat membantu mereka dalam pengelolan sawah, Sehingga pihaknya tidak lagi menemukan  kendala berarti dalam pengelolah sawah.

Baca Juga :  Pemkot Kupang Terima Bantuan dari OJK, FKLJK dan Unicef

“Kami berharap selain membantu modal kami juga berharap UD Alansamat dapat membantu mencari pemasaran beras,” ujarnya.

Dirinya bersyukur dan beterima kasih selama dua tahun lebih ini, terhitung sejak dari tahun 2018 hingga saat ini Mereka  merasa tertolong via bantuan dan  gebrakan anak muda Aeramo yang tergabung dalam  Crew UD. Alansamat.

Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment