Koordinasi dengan Kementerian LN, Gubernur VBL Pastikan Perdagangan Bebas di Perbatasan RI-Timor Leste akan Dibuka

Dibaca 2.2K kali Reporter : *** verified

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat

KOTA KUPANG, faktahukumntt.com – 4 Oktober 2021

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) mengaku telah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri agar perdagangan bebas ( free trade area ) di kawasan perbatasan antara Indonesia dan Timor Leste bisa dilaksanakan.

Kalau untuk Timor Leste, kata VBL pasti tidak ada kendala, sekarang terserah Kementerian Luar Negeri. Lagi pula, Pulau Timor memiliki potensi besar karena terdapat dua negara dan empat bandara internasional. Jadi, kondisi ini harus dimanfaatkan dengan baik.

Viktor juga mengatakan bahwa potensi yang dimaksud yakni ada tiga bandara internasional yang berada di Timor Leste, yaitu Bandara Internasional Komandan Falintil Kay Rala Xanana Gusmao di Suai, Bandara Internasional Presidente Nicolau Lobato di Dili, Bandara Internasional Oe-cusse Rota Da Sandalo di Oe-cusse.

Baca Juga :  Bendungan Tukul Pacitan Jawa Timur Diresmikan Presiden Jokowi

Kemudian, Bandara Internasional El Tari yang berlokasi di Kupang , NTT, Indonesia. Sebagai provinsi yang berbatasan langsung dengan Timor Leste, harus ada dampak kesejahteraan bagi masyarakat NTT. karena itu, pihak Indonesia harus sesegera mungkin sepakat dengan Timor Leste, untuk menciptakan kawasan perdagangan bebas di perbatasan.

Selanjutnya
Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment