Informasi Terupdate Hari Ini

Petrus Fua Tenda: Surat Edaran Kadis Kesehatan, Bukti Dukungan Terhadap Praktek Korupsi.

0 127

Nagekeo (faktahukumntt.com), Masyarakat Kabupaten Nagekeo mengharapkan kepada lembaga penegak hukum agar segera menyikapi persoalan penyalahgunaan dana kapitasi, dana non-kapitasi dan dana Jaminan Persalinan yang terjadi di Dinas Kesehatan Kabupaten Nagekeo.

Permintaan itu menyusul adanya larangan terhadap hak publik untuk mendapatkan akses informasi melalui wartawan terkait persoalan penyalahgunaan keuangan yang terjadi di Puskesmas Danga. Larangan itu  tertuang dalam surat edaran Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nagekeo, prihal penegasan, bernomor 870/DINKES/.NGK/572/08/2018, tanggal 21 Agustus tahun 2018, dengan tembusan kepada Bupati dan Kepala BK-Diklat Kabupaten Nagekeo.

“sehubungan dengan maraknya informasi di media massa terkait dengan hal-hal yang terjadi di Puskesmas, maka kami menegaskan bahwa pejabat yang berwenang untuk memberikan pernyataan di media massa adalah Bupati atau pejabat yang ditunjuk. Untuk itu kepada Kepala Puskesmas dan seluruh staf Puskesmas tidak diperbolehkan untuk memberikan pernyataan di media massa terkait dengan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan” bunyi surat Ellya.

Surat edaran Kadis Kesehatan itu mendapat respon dari kelompok masyarakat kelas bawah, Petrus Fua Tenda (25). Kepada Wartawan FHI (24/08),Fua Tenda menyampaikan bahwa pembatasan informasi oleh Dinas Kesehatan dianggapnya sebagai cara untuk menutupi akses pengawasan publik terhadap tata kelolah kepemerintahan dan juga sebagai bentuk dukungan Dinas Kesehatan Kabupaten Nagekeo terhadap praktek – praktek Korupsi yang selama ini marak terjadi di Kabupaten Nagekeo.

“kalau kerja mereka benar, kenapa harus ditutup – tutupi, ini harus dibuka ke semua masyarakat supaya masyarakat tahu”

Dia juga berharap pada ketegasan lembaga penegak hukum dalam menindak oknum pelaku korupsi, yang baginya, selama ini telah mempersulit akses masyarakat mendapatkan fasilitas kesehatan. Keterbukaan informasi dan penegakan hukum dianggapnya sebagai langkah maju bagi perubahan Kabupaten Nagekeo ke arah yang lebih baik. (patriOT)

Comments
Loading...