PELANTIKAN SAIFUL Sebagai KETUA PENGADILAN NEGERI KELAS 1A KUPANG

Dibaca 6 kali

Kupang, faktahukumntt.com. acara pelantikan Ketua Pengadilan Negeri Kelas 1A Kupang yang dilaksanakan pada Rabu,08/08, yang bertempat di ruang sidang Pengadilan Tinggi Kupang berlangsung dengan penuh hikmah, pelantiakn yang di pimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Kupang, Andreas Don Rade, S.H., M.H. melantik Saiful Arif, S.H., M.H. sebagai Ketua Pengadilan Negeri Kelas 1 A Kupang.

Dalam sambutanya, Andreas menyampaikan bahwa, tugas yang dipercayakan menuntut tanggungjawab yang besar, oleh karena itu perlu kesiriusan, kesungguhan dan kearifan dalam sikap dan bertindak sehingga dapat memberikan kontribusi positif dalam menengani dan menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi, baik persoalan yudicial dan non yudicial sehingga penggadilan Negeri Kupang menjadi Pengadilan yang maju, sehingga dapat memenuhi harapan masyarakat dalam memberikan pelayanan publik.

Lanjut Andreas, perlu saya sampaikan tentang sistem imformasi penulusuran perkara (SIPP), apa bila SIPPnya sudah dilaksanaka dengan baik maka E-Court bisa dilaksanakan, “saudara baru saja selesai mengikuti pelatihan E-Court, harus mampu membimbing dan memberikan perhatian serius kepada para Hakim, Panitera dan juru sita agar mengimput perkaranya secara teratur, karena Mahkama Agung (MA) selalu memantau melalui memonitoring inplementasi SIPP (MIS)”.

Harapan Andreas, kedepannya PN Kupang Kelas 1A dapat menjadi contoh dalam pelaksanaan administrasi perkara di pengadilan negeri secara elektronik, sehingga dapat mengangkat citra pengadilan di NTT. “Diharapakan pula agar ilmu yang di peroleh saat pelatihan diimplementasikan kepada semua Ketua Pengadilan Negeri Kelas 2 se NTT sehingga semuanya bisa mengimput perkara secara elektronik”.

Baca Juga :  Anak Dibawah Umur Diduga korban Human Trafficking Sudah ditemukan.

Andreas mengatakan bahwa pihaknya sedang giat-giatnya menyiapkan PTSP untuk dilombakan apabila “Pengadilan Negeri Kupang adalah satu-satunya Pengadilan Negeri Kelas 1 A di NTT”, supaya disiapkan secara maksimal. kita semua sedang menyiapkan diri untuk di “surve oleh tim survelen dari Badilum untuk itu perhatian sungguh-sungguh dari Ketua Pengadilan untuk melaksanakan hal tersebut”.

Saat dijumpai di lobi pengadilan tinggi kupang kepada wartawan Saiful mengatakan bahwa, sabagaimana apa yang sudah dipesankan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Kupang E-Court dapat dilaksanakan di Kota Kupang sekaligus memperbaiki sistem imformasi sehingga pelayanan kemasyarakat bisa dilaksanan secara maksimal.

Baca Juga :  SUDAHKAH BUMN HADIR UNTUK NEGERI?

Lanjut Saiful sebelum waktu tiga bulan semoga E-Court sudah terlaksana menyangkut pendaftaran secara elektronik dan pemanggilan secara elektronik dan pembayaran secara elektronik yang dilakukan oleh Pengadilan Negeri Kupangl, hal ini akan diberlakukan oleh Mahkama Agung kepada seluruh pengadilan di Indonesia yang bertujuan agar memudahkan masyarakat.

Saat ditanya target yang akan dikerjakn untuk 6 bulan kedepan sebagai Ketua Pengadilan Negeri baru, kata Saiful berkaitan dengan kasus, kita bergantung kepada seberapa banyak perkara yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) sehingga kita tidak bisa jadikan target karena kita tidak mencari tapi kita menunggu, kasus yang ditangani oleh pengadilan baik Pidana, Perdata dan Tipikor sudah cukup banyak.

Baca Juga :  Jerry Manafe, PDAM Kupang Tidak Pernah Memberikan Kontribusi bagi PAD

Turut hadir dalam acara pelantikan : Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kupang, Ketua Dharmyuktikarini daerah NTT, Rekan Hakim-Hakim Tinggi P.T. Kupang, Panitera dan Sekretaris P.T. Kupang, Wakil Wali Kota Kupang, Ketua DPRD Kota Kupang, Kepala Kejaksaan Negeri Kupang, Kapolres Kupang yang diwakili Kapolsek Alak, Komandan Distrik Militer (Kodim 1605) Kupang, Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Oelamasi, Ketua Pengadilan T.U. Kupang, Kepala Pengadilan Militer III-15 Kupang dan para Hakim PN Kupang dan Oelamasi. Papy.

 

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment