Penetapan Tersangka oleh Penyidik Polda NTT terhadap Albert Riwu Kore Menuai Aksi Protes dari Ratusan Notaris NTT

Dibaca 419 kali

Ratusan notaris dan pejabat pembuat akta tanah (PPAT) di berbagai wilayah di NTT, Rabu (10/8/2022) hari ini turun ke jalan.

KOTA KUPANG, faktahukumntt.com – 10 Agustus 2022

Ratusan notaris dan pejabat pembuat akta tanah (PPAT) di berbagai wilayah di NTT, Rabu (10/8/2022) hari ini turun ke jalan. Mereka menggelar aksi protes terhadap penyidik Polda NTT yang telah menetapkan notaris Alberti Wilson Riwu Kore sebagai tersangka dan ditahan di Mapolda NTT.

Pantauan media ini, ratusan notaris menggelar aksi di Jalan El Tari Kupang, sekira pukul 10.00 Wita. Aksi ini sebagai bentuk solidaritas sesama profesi notaris yang tergabung dalam Ikatan Notaris Indonesia (INI) dan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Provinsi NTT terhadap notaris Albert Wilson Riwu Kore yang kini ditahan karena kasus dugaan penggelapan sertifikat tanah.

Para notaris membagikan bunga kepada para pengendara yang melintas dengan pesan “Stop Kriminalisasi terhadap Notaris dan PPAT”. Mereka juga membawa spanduk bertuliskan “Demi Keadilan Stop Kriminalisasi Albert Riwu Kore”.

Baca Juga :  *Gubernur VBL: Gereja Harus Dorong Masyarakat Untuk Berdayakan Lahan Kosong*
Ratusan notaris dan pejabat pembuat akta tanah (PPAT) di berbagai wilayah di NTT, Rabu (10/8/2022) hari ini turun ke jalan.

Terkait aksi ini, Ketua Pengurus Wilayah IPPAT NTT, Emanuel Mali, SH menegaskan Albert Riwu Kore tidak bersalah dalam kasus ini. Pasalnya, ini adalah kasus perdata bukan pidana. Oleh karena itu, ia meminta penyidik untuk mempercepat proses hukum sehingga dilimpahkan ke pengadilan agar bisa diketahui siapa yang salah dan siapa yang benar.

Selanjutnya
Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment