Berkat suaramu, Hiu Paus dari Berau tak jadi dipindahkan ke Sea World Ancol!

Dibaca 879 kali

Faktahumntt.com, Awalnya Pemerintah Kabupaten Berau dan PT. Taman Impian Jaya Ancol berencana pindahkan Hiu Paus ke Jaya Ancol untuk atraksi publik. Namun banyak orang menolak, termasuk kami yang tergabung dalam Perkumpulan Lintas Alam Borneo, Forum Pemuda Bahari Indonesia, dan Ikatan Pemuda Talisayan.

Hiu Paus yang sudah terancam punah ini bisa mati karena stress pada saat dipindahkan. Selain itu, pemindahan ini dikhawatirkan akan mengurangi daya tarik wisata lokal Berau.

Melihat dukunganmu dan ratusan ribu orang lainnya, DPRD Berau akhirnya memfasilitasi rapat dengar pendapat dengan masyarakat lokal dan pihak Pemkab Berau. Di pertemuan itu, Pemkab Berau bilang kalau pemindahaan Hiu Paus itu baru wacana saja.

Kami juga sampaikan opini publik – termasuk suaramu lewat petisi ini – bahwa pemindahan itu berbahaya untuk hiu paus. Karena kerasnya reaksi penolakan masyarakat, rencana tersebut akhirnya dibatalkan.

Baca Juga :  Mahasiswa Muslim Harus Bisa Membentengi Diri dari Gerakan Radikalisme Agama

Suaramu ngaruhKita jadi punya peluang untuk bertemu dan diskusi langsung dengan pengambil kebijakan. Pemerintah jadi tahu kalau kita semua peduli dengan kelestarian Hiu Paus. Terima kasih ya telah gunakan suaramu untuk perubahan baik.

Meski sudah menang, kita harus pantau terus agar di masa depan tak ada lagi rencana untuk pindahkan Hiu Paus keluar dari habitatnya.

Krisna Kusuma (Forum Pemuda Bahari Indonesia)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment