Bupati Umumkan Hasil Rapid Test 10 OTG di Nagekeo, Satu Orang Dinyatakan Reaktif

Dibaca 217 kali

Faktahukumntt.com – NAGEKEO

1O Orang Tanpa Gejala (OTG)di kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT), telah dilakukan rapid test (test cepat) pertama oleh tim medis dari tugas pencegahan dan penanganan virus corona kabupaten Nagekeo pada hari senen, 27 april 2020 di Rumah Sakit Daerah (RSD) Aeramo dengan hasil satu orang dinyatakan Reaktip dan 9 orang lainnya non Reaktip.

Hasil Rapid Test tersebut disampaikan oleh ketua gugus tugas pencegahan dan penanganan virus corona kabupaten Nagekeo, Bupati Yohanes Don Bosco Do di hadapan sejumlah awak media ketika menggelar konferensi pers di ruangan V.I.P, lantai 2 kantor Bupati Nagekeo pada hari rabu 29 april 2020.

Berdasarkan keterangan yang diberikan oleh Bupati Nagekeo, 10 Orang OTG ini adalah para santri dari sebuah pesantren di Temboro, Magetan Jawa Timur.

Baca Juga :  "Senjata Makan Tuan" Pembuat Hukum Cambuk Akhirnya Dihukum Cambuk

Bupati Don menegaskan bahwa hasil Rapid Test dinyatakan reaktip, tidak berarti hasil test tersebut menunjukan hasil positip virus corona.

Untuk memastikan OTG tersebut positip covid – 19, mesti melalui tes swab, dengan pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR).

Untuk saat ini, 10 OTG sedang dalam masa karantina Mandiri dengan perlakuan khusus, masing-masing di Puskesmas Danga sebanyak 7 orang dan 3 0rang lainnya di Rumah dinas Puskesmas kaburea.

Bupati Don meminta agar keluarga yang memiliki riwayat kontak langsung dengan OTG Reaktip untuk menyerah dirinya secara sadar ke petugas kesehatan gugus tugas pencegahan dan penanganan virus corona untuk di periksa dan menjalan protokol kesehatan pencegahan covid – 19 secara sukarela. (Pfb)

Baca Juga :  Miris. Diduga Hendak Tutupi Informasi Covid-19, Kadis Kesehatan Nagekeo Usir Awak Media.
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment