Gregorius Meol, SH : Mengutuk Keras Tindakan Pembungkaman Wartawan Oleh Marten Kase Anggota Sat Pol PP TTU

Dibaca 2.8K kali Reporter : Gerry verified

KEFAMENANU, faktahukumntt.com – 22 April 2022

Melihat duduk persoalan terkait tindakan Marten Kase anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Timor Tengah Utara kemarin, Kamis, 21 April 2022 di halaman Kantor Bupati TTU itu yang berusaha menghalangi kerja peliputan para Wartawan adalah pembungkaman dan dikategorikan tindakan kriminalisasi terhadap wartawan.

Bahwa sebagai wartawan bekerja dalam tugasnya sudah ada payung hukumnya sehingga menjadii hal yang wajar wartawan mencari dan meminta informasi kepada siapa saja yang perlu dan penting dalam tugas peliputan.

Upaya menghalang-halangi kerja wartawan dalam memperoleh informasi sudah melanggar Pasal 20 ayat (1), Pasal 27, Pasal 28 UU 1945 dan Undang Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers .

Baca Juga :  Memberikan Pelayanan Santunan kepada Korban Kecelakaan, Kancab Nasjwin: Ini Tugas Utama Jasa Raharja

Dalam Kemerdekaan Pers merupakan salah satu wujud kedaulatan rakyat dan menjadi unsur yang sangat penting untuk menciptakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang demokratis, sehingga Kemerdekaan mengeluarkan pikiran dan pendapat sebagaimana tercantum dalam Pasal 28 Undang Undang Dasar 1945.

Selanjutnya
Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment