Jerry Manafe, PDAM Kupang Tidak Pernah Memberikan Kontribusi bagi PAD

Dibaca 352 kali

FAKTAHUKUMNTT.COM-Oelmasi_NTT, Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe, S.H, M.Th, menilai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) milik pemerintah kabupaten Kupang tidak memberikan kontribusi kepada PAD Pemerintah Kabupaten.

Saat di temui di ruang kerjanya di Oelamasi, Senin (28/4/2019), wakil bupati Kupang, Jerry Manafe menuturkan, sudah hampir 4 – 5 tahun ini PDAM tidak memberikan kontribusi terhadap PAD pemkab Kupang.

“Sekitar 4 – 5 tahun tidak ada pemasukan apa – apa dari PDAM Kupang untuk itu maka harus evaluasi total”, kata wakil bupati.

Jerry melanjutkan, pada hal perusahaan milik pemerintah kabupaten Kupang ini mendapat pernyertaan modal dari pemkab kurang lebih Rp 20 an Milyar. Itu saya tau waktu saya masih di DPR. Nah pertanyaannya,  “kemana uang itu dan aturan yang mereka pakai itu apa? sehingga tidak ada pemasukan untuk PAD. Sementara saat ini kondisi keuangan kita lagi minus dan kita lagi butuh dana – dana ini.

Baca Juga :  Polda Metro Jaya Tegaskan Tak Keluarkan Izin Aksi 1812 Besok

“Perlu ditelusuri jangan sampai kongkali kong dengan pimpinan pada waktu yang lalu. Untuk itu maka tugas wartawan juga harus cari tau akar permasalahannya”, Kata Jerry.

Untuk tata kelola PDAM pun masih jauh dari harapan namun setidaknya Pengpenghasilan kotor PDAM kurang lebih Rp 3 Miliar jadi penghasil bersih sekitar Rp 2 Miliar. Ini saya kira cukup besar kalau dia berkontribusi secara baik ke kas daerah (PAD) maka kita tidak akan sulit seperti ini.

“yang Saya tahu PDAM terlalu banyak pegawai. Kaya manusia tapi miskin kinerja dan struktur. Ini harus kita perbaiki”, sebut Jerry.

Baca Juga :  Desakan untuk Menutup Prostitusi di Kawasan Sintai, Ini Tanggapan Wali Kota Batam

Ke depan jika kondisi PDAM masih tetap seperti ini maka kita akan ambil langkah melibatkan pihak ketiga untuk mengelolahnya atau kita akan bikin kerja sama MOU yang pernah dibuat oleh Pak Ayub dengan Walikota Kupang kita tingkatkan kerjasamanya seperti apa dan pembayarannya seperti apa.

“Dengan begitu uang dari kota Kupang kita bisa bangun PDAM yang baru karena di kabupaten Kupang butuh unit PDAM, seperti di Semau, tidak terkelola dengan baik, Amarasi, Oesao, Kupang Barat, Amfoang. Masyarakat kabupaten Kupang kesusahan Air bersih sementara PDAM kita tidak pusing dengan masyarakat kabupaten Kupang namun sibuk dengan masyarakat kota Kupang”, Tegas Jerry Manafe. (Yos)

Baca Juga :  Tanggulangi Bahaya Narkoba dan Kamtibmas, Posek Aesesa gelar Razia Kedua
Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment