Peringati Hari Anak Nasional, PERMATA Lembata : Komitmen Memutus Mata Rantai Kekerasaan Terhadap Anak

Dibaca 579 kali

FaktahukumNTT.com, KABUPATEN LEMBATA

LSM PERMATA (Peduli Perempuan dan Anak Lembata) punya kontribusi yang luar biasa terhadap anak-anak di Kabupaten Lembata. Bagaimana tidak, Mar Loka, seorang perempuan dan juga aktivis yang memegang LSM PERMATA, punya andil besar dan perhatian yang luar biasa terhadap anak-anak terlebih khusus mereka yang ditindas dan mendapat pelecehan seksual.

Mar Loka, Ketua LSM PERMATA

Komitmen Mar, dapat dilihat pada perayaan Hut HAN (Hari Anak Nasional) pada tanggal 23 Juli 2020. Ia tidak tinggal diam. Sebagai sebuah lembaga Sosial, Ia menyelenggarakan kegiataan untuk anak-anak di sekitaran kompleks Waikomo-Lembata. Bersama belasan anak, mereka bersorak gembira, berdoa dan menyelenggarakan kegiatan serta memotivasi anak-anak untuk meraih masa depan dengan baik.

Kegiatan tersebut menyatukan beberapa aktivis, guru dan juga beberapa perwakilan dari pemerintah. Ada pun komitmen mereka bersama yakni ; memutus mata rantai kekerasan terhadap anak di Lembata.

Baca Juga :  Kepala Desa Kaeneno Perangi Covid-19 Dengan Membagikan 1300 Masker Kepada Warga

Data yang terhimpun oleh Ketua PERMATA dari Januari -Juli 2020 mengenai kekerasaan anak mencapai 20-an. Angka ini di dominasi oleh anak yang mengalami kekerasan seksual.

Mar, ketua PERMATA, lebih jauh megatakan bahwa ada dua kasus terhadap anak yang sudah dilaporkan ke ranah hukum.

Kehadiran Guru, orang tua, pemerintah dan aktivis yang hadir pada kegiatan tersebut, mendukung anak-anak agar tumbuh dengan baik. Selain menyatakan komitmen mereka, mereka juga menyampaikan profisiat kepada anak-anak di Lembata.

Sebagai ketua PERMATA, Mar Loka berharap bahwa anak-anak mendapat perlakuan selayaknya. “Ke depannya anak-anak kita di Lembata di dukung tumbuh kembangnya. Anak itu dijaga supaya mereka tidak mendapat penindasan. Karena anak-anak itu aset Lembata”, Tegas Mar.

Baca Juga :  Kapolri: Dukungan Ulama Sangat Penting Untuk Menjaga Kamtibmas yang Aman dan Damai

Mar juga menuding Pemkab Lembata Lembata belum maksimal memperhatikan anak-anak.
“Memang sejauh ini
perhatian pemkab Lembata itu ada, tapi sejauh ini belum maksimal”, pungkas dia.

PERMATA merupakan salah satu LSM di Lembata yang peduli pada Perempuan dan Anak-Anak di Lembata. LSM ini didirikan pada tahun 2018 dan secara serius menangani masalah perempuan dan anak-anak di Lembata. (*Yurgo Purab)

Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment