Penulis : Josse

Oleh: Fathur Dopong, S.Pd
Faktahukumntt..com – OPINI _____________________________________

Terlepas dari kerancuan makna tentang nama kelahiran atau Milad, sepatutnya kita menjadikan tahun yang berlalu dari usia Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah menjadi bahan introspeksi dan refleksi bertambahnya usia IMM.

Bertambahnya usia IMM haruslah kita jadikan sebagai neraca mengukur kualitas diri. Moment peringatan tanggal kelahiran bukanlah momen hura-hura. Moment peringatan kelahiran adalah moment evaluasi kualitas kemanfaatan kader selama berproses dalam Ikatan.

Umar bin Khatab pernah mengingatkan, “hasibuu qabla an tuhaasabu”, hitunglah (amal perbuatan/ibadah) dirimu sebelum tuhan (Allah Swt) yang menghitungnya. Ralph Waldo Emerson (1803 – 1882) penulis Amerika mengatakan, “hidup ini bukan persoalan berapa lama, tetapi berapa dalam”. Kata-kata itu memang sungguh memiliki arti yang mendalam. Kedalaman hidup itu terwujud ketika hidup kita memberi  kontribusi nyata bagi ikatan, persyarikatan, umat dan bangsa.

Tetap Terhubung Dengan Kami:
Laporkan Ikuti Kami Subscribe

CATATAN REDAKSI: Apabila Ada Pihak Yang Merasa Dirugikan Dan /Atau Keberatan Dengan Penayangan Artikel Dan /Atau Berita Tersebut Diatas, Anda Dapat Mengirimkan Artikel Dan /Atau Berita Berisi Sanggahan Dan /Atau Koreksi Kepada Redaksi Kami Laporkan,
Sebagaimana Diatur Dalam Pasal (1) Ayat (11) Dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.