Pelantikan Kepala Desa Ponain Terancam Ditunda

Dibaca 165 kali

Oelmasi (faktahukumntt.com), Perjuangan Masyarakat Desa Ponain atas dugaan terjadi kecurangan pada Pilkades disambut baik oleh DPRD Kabupaten Senin tanggal 10 Desember 2018 Pukul 12.00 wita.

Mediasi Masyarakat Pendukung Calon Kades No urut I Bpk Alfarius T Kalumbng SE.MM, dengan DPRD di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Kupang. Mediasi ini terkait sengketa Pemilihan Kepala Desa Ponain Kecamatan Amarasi Kab Kupang pada tanggal 22 November 2018 yang lalu.

Mediasi tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Bpk Yos Lede Bersama Anggota DPRD Kab Kupang .

Dihadapkan Anggota Dewan terhormat, Ketua Tim, Stefanus Fina menyampaikan bahwa
Pemilihan kepala desa ponain sesungguhnya tidak melawan calon nomor urut 2 namun melawan panitia Pemilihan Desa Ponain Kec Amarasi Kab Kupang.

Stefanus mengungkapkan fakta yang terjadi selama Kampanye Panitia tidak pernah hadir dikampanye Calon Nomor Urut 1, namun kalau Calon Kepala Desa nomor urut 2 melaksanakan Kampanye Panitia dan DPD selalu hadir.

Baca Juga :  The Future Of Possible

“kami berpendapat bawa Pemilihan Kepala Desa Ponain Kecamatan Amarasi Kab Kupang tidak transparan dan diduga adanya indikasi kecurangan”, tegas Stefanus.

Kadis BPMD Kab Kupang, Yohanis Masneno Menyampaikan bahwa Calon Kepala Desa Ponain harus ada bukti-bukti Pelanggaran atau Kesalahan yang dilakukan oleh panitia Pemilihan Desa kepada panitia pemilihan Kabupaten.

Kabag Hukum kab kupang, Herman Luik.SH
Menjelaskan Perda no 4 tahun 2004. secara regulasi semua proses sudah sesuai dengan hukum yang berlaku dan pasal 50 sudah menjelaskan secara lengkap.

Menurut Anggota DPRD Kab Kupang fraksi Gerindra, tanggapan harus melalui prosedur yang benar dan harus punya catatan khusus dari saksi agar mejadi bukti. Apakan panitia melakukan sosialisi kepada masyarakat pemilih atau tidak.

Baca Juga :  Quinoa new recipes, feta & broad bean salad

Ketua Komisi C Bapak Anton Natun menyampaikan kita tidak boleh bawah Persoalan Pilkades ini ke dalam Ranah Politik.
Pihak yg bertikai agar dihadirkan oleh Dinas DPMD Kab Kupang agar tidak berimplentasi pembangunan desa dan Pengelolaan Keuangan Desa. Harus mencermati secara benar dan Arif dan langkah yang di ambil harus melalui kajian yang sesuai prosedur dan Aturan yang berlaku.

Ketua DPRD Kab Kupang menyarankan agar ketua tim menjelaskan secara jelas titik persoalan yang dilakukan oleh panitia Pemilihan Kepala Desa Ponain Kecamatan Amarasi Kab Kupang

Baca Juga :  Usai Bunuh Suami, Istri Kubur Mayat Dalam Beton

Langkah-langkah yang harus ditempuh;

Kepala Dinas DPMD Kab Kupang dan Panitia Pemilhan Kabupaten kupang agar segera mengambil langka-langkah dengan memanggil ketua panitia Desa Ponain, Kedua Calon Kepala Desa Ponain Untuk dipertemukan Dengan Ketua Komisi C agar dapat mengambil keputusan Secara bersama sama karena Pelantikan akan dilaksanakan Pada Hari Rabu Tanggal 12 Desember 2018.

Jika Langka yang di ambil Oleh Dinas DPMD tidak ada kesempatan besok Maka Pelantikan Kepala Desa Ponain Kecamatan Amarasi Kab Kupang di Tunda sampai ada Penyelesaian. Bersuntk menjelaskan duduk persoalan .

Kegiatan Mediasi berlangsung Aman dan tertip dan Selesai Pukul 15.00 wita. dan masa pendukung meninggalkan Gedung DPRD Kababupaten Kupang dengan Aman dan Lancar. (M1)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment