PILOT DAN AWAK PESAWAT KAGET SAAT MENDARAT..! INI YANG TERJADI

Dibaca 149 kali

Faktahukumntt.com. – Batam, Provinsi Kepri

Pilot dan awak pesawat dari sejumlah maskapai kaget saat mendarat di Bandara Hang Nadim, Batam. Sejumlah petugas kepolisian dan BNN Kepri langsung naik ke pesawat begitu burung besi berhenti sempurna. Mereka sempat mengira ada yang tak beres. Namun setelah dijelaskan, para kru angkutan udara ini akhirnya paham bahwa ada pemeriksaan urine kepada mereka.

“Tenang, ini hanya pemeriksaan urine,” kata Suwarso, Direktur BUBU Hang Nadim, Senin (23/12/2019).

Para kru pesawat yang terdiri pilot, ko-pilot dan pramugari akhirnya bersedia untuk diperiksa urinenya. Proses pemeriksaan pun berjalan aman, bahkan salah satu pilot sempat bercanda usai pemeriksaan.Hingga siang sekitar pukul 13.00 WIB, total ada empat pesawat yang diperiksa pilotnya dan semuanya negatif dari penggunaan narkoba.

Baca Juga :  Surat Kadis Kesehatan Nagekeo Berpeluang Terbentur Masalah Pidana.

Rencananya, hari ini akan ada kru empat pesawat dari ragam maskapai yang akan menjalani pemeriksaan urine, begitu mereka mendarat di Bandara Hang Nadim.

Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto, Kepala BNNP Kepri Brigjen Pol Richard Nainggolan. Foto: Wartawan Faktahukumntt.com (Nikolaus Laka)

Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto yang sempat hadir untuk mengecek kesiapan personel mengatakan, pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan kinerja pilot saat membawa pesawat.

“Tujuannya agar masyarakat pengguna jasa penerbangan merasa aman dan nyaman di dalam pesawat,” ujar Andap.

Dia mengimbau kepada para penumpang yang akan pergi untuk merayakan Natal dan Tahun Baru, agar senantiasa menjaga diri selama perjalanan baik di laut, darat dan udara.
“Perhatikan life jacket (jika perjalanan laut), kondisi cuaca, waspada terhadap calo dan kejahatan seperti hipnotis,” katanya.

Baca Juga :  RENDEZVOUS (RV) DITPOLAIRUD POLDA KEPRI DENGAN POLIS MARIN WILAYAH 2 POLIS DIRAJA MALAYSIA

Kepala BNNP Kepri Brigjen Pol Richard Nainggolan mengatakan, apabila ada pilot yang kedapatan positif menggunakan narkoba, maka mereka akan menindaknya sesuai hukum.
“Kalau memang ada, seharusnya tidak bisa melanjutkan penerbangan. Tapi yang pastinya, tetap akan kami proses,” ucapnya.(NL)

Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto, Kepala BNNP Kepri Brigjen Pol Richard Nainggolan. Foto: Wartawan Faktahukumntt.com (Nikolaus Laka)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment