PKK Gerakan Pemberdayaan Perempuan dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Keluarga

Dibaca 547 kali

PKK Kabupaten Kupang menyelenggarakan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 47 tahun 2019, Selasa 30 april 2019 bertempat di Desa Bismarak Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang, NTT.

Dalam sambutannya Bupati Kupang Korinus Masneno menyatakan gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga atau yang disingkat PKK adalah gerakan yang tumbuh dari masyarakat dan bertujuan memberdayakan perempuan agar dapat berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan bangsa Indonesia. Ditambahkan Masneno, PKK sudah banyak berkarya dan berkiprah dalam pembangunan terutama dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga.

Hal ini dikatakan nya dalan acara Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 47 tahun 2019, Selasa 30 april 2019 bertempat di Desa Bismarak Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang.

Dirinya mengapresiasi kinerja TP PKK khususnya di lingkup Kabupaten Kupang yang sudah banyak melaksanakan program-program Pemerintah lewat kerjasama dengan OPD pada bidang Pendidikan, Ekonomi dan Sosial Budaya.

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 47 tambah Masneno hendaknya bukan hanya seremonial saja namun lebih kepada upaya meningkatkan intensitas dan koordinasi antar pengurus dan kader PKK demi terwujudnya masyarakat Kab. Kupang yang sejahtera.

Kepada Ketua TP PKK dan jajarannya Bupati Masneno berpesan agar rutin turun ke lapangan dan melakukan sosialisasi-sosialisasi kepada masyarakat untuk mentransfer pengetahuan, keterampilan, sehingga masyarakat dapat memahami permasalahan yang ada dan cara mengatasinya.

Baca Juga :  YNAP sees slightly slower sales growth after strong 2015

Hari kesatuan Gerak PKK juga hendaknya menjadi momentum strategis memperkuat keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat dalam mendidik dan membina anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

Ketua TP PKK Kab. Kupang Ny. Damaris Masneno Mooy saat membacakan sambutan Ketua Umum TP PKK dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo menyatakan PKK punya peran penting dalam mewujudkan keluarga yang sejahtera.

Anggota TP PKK jelasnya harus berpegang pada prinsip dan semangat pengabdian, Rendah hati namun tidak rendah diri. Selain itu diingatkan untuk terus Gelorakan semangat pengabdian untuk masy dan keluarga. Kebajikan merupakan tindakan perkataan, kesadaran dan tenggang rasa dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :  Komunitas Racang Buka Menyerahkan Dokumen Bowosie ke Ketua Komisi 10 DPR RI

Ny. Tjahjo Kumolo dalam sambutannya yang dibacakan Ny. Damaris Masneno juga nyatakan harapannya agar TP PKK mampu menjaga keluarga-keluarga sebagai kelompok binaan agar menjadi benteng utama dalam proses kehidupan anak-anak.

Tidak lupa juga disampaikan dua hal pokok kepada segenap jajaran TP PKK, para Kader PKK yakni terus meningkatkan fungsi kinerja Gerakan PKK dengan bhakti dan karya nyata serta berkerja tanpa pamrih. Selanjutnya meningkatkan daya kreatifitas dan inovasi dalam mengembangkan program-program PKK agar selaras dengan garis kebijakan program Pemerintah yang dicapai lewat karsa, inisiatif dan ketekunan.

Sementara itu Ketua Panitia kegiatan yang merupakan istri Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe, Ny. Lely Manafe Menny dalam laporannya menyatakan peran PKK sangat besar dalam mendukung pembangunan di daerah.

Baca Juga :  Kapolsek Kupang Timur Mengamankan Pembagian BST Tahap II Di Oesao

Tujuan diselenggarakan Hari Kesatuan Gerak PKK untuk mengingatkan kita semua mengenai peran perempuan lebih khusus ibu-ibu rumah tangga dalam membangun keluarga. Ini selaras dengan tema acara peringatan ini yakni “Tingkatkan Kinerja Gerakan PKK selaras dengan program Pemerintah”, ungkap Ny. Lely Manafe.

“Ada beberapa kegiatan yang kami lakukan untuk mengisi acara peringatan ini adalah pemeriksaan kesehatan, pemutaran film hingga upacara hari Kesatuan Gerak PKK”, Sebut Nyonya Lely.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Bupati Kupang Korinus Masneno, Ketua TP PKK Kab. Kupang Ny. Damaris Masneno Mooy, Wakil Ketua TP PKK Kab. Kupang Ny. Lely Manafe Menny, pimpinan OPD Kab. Kupang di antaranya Kepala Dinas PMD Yohanis Masneno, Kadis Perindag Titus Anin dan para Camat Lingkup Pemkab Kupang, Tokoh adat dan masyarakat Desa Bismarak. (YB)

Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment