Presiden: Prioritaskan Tes Cepat untuk Tenaga Medis Beserta Keluarga

Dibaca 117 kali

Faktahukumntt.com – JAKARTA

Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, untuk terlebih dahulu memprioritaskan tes cepat atau _rapid test_ Covid-19 bagi para dokter dan paramedis beserta keluarganya. Perlindungan maksimal bagi para tenaga medis memang menjadi salah satu perhatian Presiden dalam penanganan wabah virus korona.

“Tadi pagi saya telah memerintahkan kepada Menteri Kesehatan untuk _rapid test_ yang diprioritaskan adalah dokter dan tenaga medis serta keluarganya terlebih dahulu,” ujarnya dalam keterangan pers melalui telekonferensi dari Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, 24 Maret 2020.

Selain dokter dan paramedis beserta keluarganya, tes cepat tersebut juga terlebih dahulu diperuntukkan bagi orang dalam pengawasan dan pasien dalam pengawasan disertai keluarga mereka.

Baca Juga :  Diduga Memperkaya Diri, Plt. Kasubag Perawatan PDAM Kota Kupang Terancam Jabatannya dicopot

“Juga para ODP (orang dalam pengawasan) dan PDP (pasien dalam pengawasan) serta keluarganya. Ini yang harus didahulukan,” kata Presiden.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memang telah menginstruksikan dilakukannya tes cepat dengan cakupan yang lebih luas untuk mendeteksi secara dini apakah seseorang terpapar virus korona penyebab Covid-19. Alat-alat tes atau pemeriksaan tersebut juga diharapkan dapat diperbanyak dengan segera dan tersedia secara luas di sejumlah fasilitas kesehatan.

Jakarta, 24 Maret 2020
Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Baca Juga :  Presiden: Dana Desa Terbukti Tingkatkan Pendapatan Masyarakat Desa

Website: https://www.presidenri.go.id
YouTube: Sekretariat Presiden

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment