Tangkap 7 Tersangka Kasus Narkoba, Berikut Target Capaian BNNP NTT Tahun 2020

Dibaca 616 kali

Kepala BNN Provinsi NTT, Brigjen Pol. Teguh Imam Wahyudi (tengah) didampingi Kabag Umum Anwar Gemar dan Plt. Kabid Berantas Yuliana Beribe saat konferensi pers di Aula BNNP NTT, Kamis (08/10/2020)

FaktahukumNTT.com. KUPANG NTT

Kepala BNNP NTT, Brigjend Pol. Teguh Imam Wahyudi, dalam konferensi pers di Aula BNNP NTT, Kamis (08/10/2020) menjelaskan mengenai pengungkapan kasus pemberantasan narkoba selama tahun 2020, dimana target yang diberikan kepada BNNP NTT sebanyak 6 Laporan Kasus Narkotika (LKN) selama periode 1 januari sampai 31 Desember 2020.

Menurutnya, dari 6 LKN tersebut sampai bulan Oktober ini pihak BNNP NTT sudah memenuhi atau mengerjakan sebanyak 4 LKN dengan jumlah tersangka sebanyak 7 orang yang terdiri dari seorang perempuan yang berinisial AL dan 6 orang laki-laki dengan inisial IS, AS, DS, RS, LR, dan DT. Empat tersangka masih dalam proses hukum belum P21 sedangkan tiga tersangka dalam proses rehabilitasi karena tidak cikup bukti, jika dipaksakan nanti bisa jadi salah dan kena praperadilan atau tuntutan balik.

dengan adanya 7 tersangka kita sudah realisasikan 4 (empat) Laporan Kasus Narkotika (LKN) dari total target 6 LKN”, ungkap Wahyudi

Kasus Narkoba di NTT menurut Wahyudi sejak bertugas di NTT Tahun 2018 hingga saat ini pengungkapan kasus narkoba masih sebatas Penyalahgunaan bukan Pengedar karena pengedarnya berada di luar Provinsi NTT.

“Pengedar Narkotika bukan berdomisili atau menetap di NTT dan mereka rata-rata mendapatkan barang haram itu melalui hp (wa dan line) dan sebagainya”, terang Wahyudi

Selanjutnya dikirim melalui expedisi, melalui barang-barang elektronik, melalui kapal dan melalui JNE, JNT dan juga melalui expedisi barang-barang resmi, menggunakan kontainer atau truk. “Jadi selama ini belum pernah kami menangkap pengedarnya diwilayah NTT ini selalu pengembangannya di Surabaya, Jakarta, Bandung dan sebagainya”, ujar Wahyudi

Barang bukti yang ditemukan yaitu jenis Sabu sebanyak 0,5885 gram, tembakau brazil sebanyak 5 gram sedangkan barang bukti non narkotika yaitu 3 buah handphone. “Terhadap perbuatan tersebut
tersangka dikenakan pasal 112, pasal 114, pasal 127 UU no. 35 tahun 2009″, tegas Wahyudi

Juliana Beribe, Plt. Kabid Berantas BNNP NTT, detail pengungkapan ketujuh tersangka tersebut TKPnya pertama di Belu, kota Kupang, Sikka, TTS dan dari hasil pengembangan di TTS kami melakukan penangkapan seorang tersangka di Gresik Jawa Timur.

Baca Juga :  Polda Metro Jaya Tegaskan Tak Keluarkan Izin Aksi 1812 Besok

“Seperti yang di jelaskan oleh kepala BNNP NTT bahwa 4 tersangka dalam proses hukum atau penyelidikan dan 3 tersangka dalam proses rehabilitasi karena saat penangkapan tidak ditemukan barang bukti, yang ada hanya urine positif dan pengakuan pelaku bahwa mereka menggunakan narkotika.dua orang direhabilitasi di BNN dan satu orang dirumah sakit tetebilas Maumere untuk rehabilitasi rawat jalan”, tutup Beribe. (Indrawati)

Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment