Woww…! Datangi Gereja Saat Covid-19, “AS” Diciduk Unit Reskrim Polsek Tambang

Dibaca 220 kali

Faktahukumntt.com – PROV. RIAU

Saat sebagian besar warga masyarakat berdiam dirumah dalam rangka Social Distancing untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, seorang pelaku pencurian beraksi di Gereja Methodist Immanuel Desa Kualu Kecamatan Tambang kabupaten Kampar Riau.

Salah satu tersangka yang berperan menyediakan kendaraan bagi pelaku utama dan menampung barang-barang hasil curiannya berhasil diamankan petugas, tersangka yang diciduk berinisial AS (41) yang beralamat di Perumahan Bumi Kubang Raya Desa Kualu Kecamatan Tambang kabupaten Kampar Riau.

AS diciduk Rabu malam (8/4/2020) sekitar pukul 22.30 wib, bersamanya diamankan barang-barang hasil curian berupa keyboard merk Yamaha PSR, satu unit speaker aktif merk queen dan dua unit microphone, selain itu juga diamankan satu unit sepeda motor Yamaha Vega milik pelaku yang digunakan dalam aksi pencuriannya.

Baca Juga :  Perlindungan Penyandang Disabilitas dari Kekerasan Seksual

Kejadian Bermula, saat pelapor (Pendeta Johnly F. Hutajulu) dihubungi jemaat gereja Methodist Imanuel Desa Kualu yang menginformasikan bahwa pintu utama gereja dalam keadaan terbuka.

Mendengar informasi tersebut pelapor langsung mendatangi gereja dan setiba di lokasi memang menemukan pintu utama gereja dalam keadaan terbuka, kemudian pelapor bersama jemaat masuk kedalam dan mengecek barang barang inventaris milik gereja,ternyata beberapa barang telah Raip seperti keyboard merk Yamaha PSR, satu Unit speaker aktif merk queen, dua unit microphone dan satu buah tabung gas 3 kg, atas kejadian ini pihak gereja mengalami kerugian sekitar sembilan juta rupiah dan selanjutnya melaporkan kejadian ini ke Polsek Tambang untuk pengusutannya.
Atas laporan resmi pelapor Kapolsek Tambang Iptu Jurfredi SH perintahkan Kanit Reskrim Ipda Albert Sitompul SH bersama Tim Opsnal Polsek melakukan penyelidikan untuk mengungkap kasus tersebut.

Baca Juga :  Gus Din Bacawali Kota Surabaya, Resmi Dilantik Sebagai Ketua DPW KAMIJO Jatim

Tim yang dipimpin Ipda Albert Sitompul ini berhasil menemukan sejumlah barang yang diduga kuat milik Gereja Methodist Immanuel Desa Kualu yang hilang dicuri, petugas juga berhasil mengamankan seorang tersangka inisial AS.

Dari hasil interogasi terhadap AS dirinya mengakui bahwa barang-barang tersebut adalah barang hasil curian dari Gereja Methodist Immanuel Desa Kualu, AS mengaku bahwa pelaku utamanya adalah rekannya yang saat ini telah ditetapkan sebagai DPO.

Lebih lanjut disampaikan AS bahwa dirinya berperan menyediakan sepeda motor untuk digunakan pelaku utama dalam aksinya, serta menampung dan menjualkan barang-barang hasil curian ini.

Baca Juga :  Presiden Jokowi: Tanpa Kejaksaan Bersih Pembangunan Nasional  Pasti Rapuh

Kapolres Kampar AKBP Mohammad Kholid Sik .S.H. melalui Kapolsek Tambang Iptu Jurfredi S.H. saat dikonfirmasi awak media membenarkan penangkapan salah satu tersangka kasus pencurian ini, tersangka dan barang bukti telah diamankan di Polsek Tambang, jelasnya.

Ditambahkan juga oleh Kanit Reskrim Polsek Tambang Ipda Albert Sitompul SH melalui WhatsApp pribadinya menyampaikan bahwa pihaknya masih melakukan pengembangan untuk menangkap seorang tersangka lainnya yang merupakan pelaku utama atas kejadian pencurian digereja desa Kualu dan Untuk tersangka kita kenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman paling lama Tujuh tahun penjara,tegasnya.(*EM/sumber: www.lintaskriminal.co.id)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment