Beranda Hukrim JOKOWI-AMIN RESMI DILANTIK, BAGAIMANA OPTIMISME MASYARAKAT INDONESIA?

JOKOWI-AMIN RESMI DILANTIK, BAGAIMANA OPTIMISME MASYARAKAT INDONESIA?

4
0

Faktahukumntt.com – Jakarta, Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan KH. Ma’ruf Amin telah dilantik di hadapan sidang MPR hari ini. Jokowi dan KH. Ma’ruf Amin terpilih dan menang pada Pilpres lalu dengan perolehan presentase suara sebesar 55,5%. Lalu bagaimana dengan masyarakat Indonesia? Tentunya, harapan kita semua adalah masyarakat seluruhnya menerima dan mendukung pemerintahan saat ini. Karena di periode kedua ini, sudah saatnya masyarakat Indonesia menyongsong bersama 5 tahun ke depan bersama Presiden dan Wakil Presiden terpilih menuju Indonesia Maju. Jika hal tersebut adalah harapan, lalu bagaimanakah dengan realitanya?

Hasil survei yang dilakukan oleh Alvara Research pada respondennya di 34 provinsi mengenai tingkat optimisme masyarakat pada pemerintahan baru ini menunjukkan bahwa tingkat optimisme masyarakat cukup baik, mencapai di atas 70% pada 5 indikator yang ada. Kelima indikator tersebut meliputi ekonomi, politik, penegakan hukum, pemberantasan korupsi, dan demokrasi. Bahkan, pada indikator demokrasi, tingkat optimisme masyarakat mencapai 82%.

Adapun generasi yang paling besar optimisme dan kepercayaannya ada pada kelompok Gen Z dan Younger Millenial. Hal ini menjadi harapan besar lagi, mengingat generasi tersebutlah yang akan meneruskan masa depan bangsa ini.

Cukup tingginya tingkat optimisme ini dapat menjadi modal yang kuat bagi pasangan Jokowi-Amin. Namun, hal ini berarti juga bahwa masyarakat memiliki ekspektasi dan harapan yang cukup tinggi pada Jokowi-Amin. Ekspektasi dan harapan tersebut tentu tidak dapat terwujud hanya oleh kerja pemerintah saja, jika masyarakat kita tidak bersatu dan masih sibuk saling mencaci dan memprovokasi.

Momentum pelantikan ini dapat kita jadikan sebagai awal dari kembali bersatunya masyarakat dan memulai kerja bersama menuju Indonesia Maju. Tentunya, kritik membangun dan aspirasi masyarakat selalu dibutuhkan sepanjang jalannya pemerintahan.

Kita yakin, masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang siap dengan kemajuan, tetap berpegang teguh pada persatuan dan kesatuan bangsa. _Well_, selamat Pak Jokowi, selamat Pak Ma’ruf Amin! Kami siap mengawal dan optimis sepenuhnya sampai 5 tahun ke depan, sampai Indonesia Maju terwujud nyata! (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here