Hidupkan Iklim Kesenian, Karang Taruna Kawaliwu Gelar Malam Pentas Seni

Dibaca 781 kali Reporter : Yurgo Purab verified

Faktahukumntt.com, Flores Timur

Karang  taruna Desa Sinar Hading menggelar malam pentas seni di pesisir pantai Desa Sinar Hading , Kecamatan Lewolema, Kabupaten Flores Timur, Sabtu, 12/06/2021,  jam 19.00 malam.

Tampak panggung di tata di pelataran pasar Belo Bare tepi pantai Kawaliwu dengan artistik sebuah bangunan tua berlatar belakang laut pantai utara.

Rektor Institut Keguruan Dan Teknologi Larantuka, Kristoforus Ado Aran, M.Pd salah satu inisiator pentas seni tersebut ketika diwawancarai menegaskan, bahwa kegiatan ini diinisiasi oleh beberapa pemuda yang tergabung dalam karang taruna Desa Sinar Hading – Kawaliwu dalam menjawabi tantangan zaman saat ini.

Baca Juga :  Setelah Jokowi Kenakan Sarung Adat Hoineno, Harganya Naik Menjadi Rp1.500.000

Acara tersebut dikemas apik, dengan pengisi acara pemuda Desa Sinar Hading, Siswa / Siswi SD Desa Sinar Hading dan Mahasiswi Institut Keguruan Dan Teknologi Larantuka (IKTL) – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI).

“Kegiatan pentas seni ini diinisiasi untuk menjawabi kreatifitas dan kreasi anak muda didesa ini,” jelas Kristo sapaan akrabnya.

Kristo menyebut giat orang muda ini disebut BISA. BISA artinya Bersih, Indah dan Rapih. Artinya, potensi anak muda dalam memanfaatkan kearifan lokal budaya desa Sinar Hading ini.

Baca Juga :  Rafik Perkasa Alamsyah: Satu Tahun Jokowi Berhasil Lakukan Transformasi Struktural dan Kesejahteraan Ekonomi

Ia berharap, orang muda lebih giat lagi dalam kreatifitas, terlebih momentum pentas seni malam ini bisa menjadi penggerak untuk giat kreatifitas ke depannya,” harap Kristo.

Yohanes Wato Ritan, seksi kebudayaan Desa Sinar Hading menyampaikan bahwa salah satu pengisi acara malam ini adalah anak anak SD di Desa Kawaliwu.

“Salah satu pengisi acara adalah anak SD. Mereka beri pelatihan menari Soka Pala. Sehingga malam ini mereka sudah siap untuk tampil di atas panggung ini,” Jelas Yonas

Baca Juga :  Salah Masukan Lubang, 4 Tahun Menikah Perempuan Ini Masih Perawan

Hendrik Mukin, salah satu perwakilan pemuda Desa Sinar Hading, menyampaikan bahwa malam ini segala kreasi yang persiapkan sebelumnya akan dipentaskan dipanggung.

“kegiatan ini menjadi ruang untuk mengangkat budaya desa Sinar Hading. Harapannya bahwa selama ini orang tidak terlalu sibuk dengan kebudayaan lokal, semoga dengan pentas seni ini menjadi penggerak untuk lebih memperhatikan keberadaan budaya adat istiadat desa Sinar Hading,” tukas Hendrik, saat membawakan MC pada pentas tersebut.

Kegiatan ini tetap memperhatikan protokol kesehatan yakni jaga jarak dan pakai masker.

Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment