Informasi Terupdate Hari Ini

Tour Di Timor 2017, Medan Ektrims Tetapi Menyenangkan

0 102

FHI-NTT, Berbagai obyek wisata yang disinggahi setiap etape menampilkan pesona alam yang membuat peserta Tour di Timor mengalami kepuasan tersendiri. Memang medannya ekstrim tetapi menyenangkan. Pada setiap etape, dari etape pertama sampai etape terakhir medan yang dihadapi cukup sulit namun pesona alam yang begitu indah menimbulkan gairah untuk terus bergerak dari etape yang satu ke etape berikutnya. Tidak pernah terlintas dalam pikiran kami bahwa medan yang sulit dibarengi dengan cuaca yang ektrim, tetapi semua itu tidak mampu membendung keinginan kami untuk melaju hingga akhir. Ini merupakan pengalaman yang luar biasa menyenangkan, ungkap peserta bikers TdT.

Touring menuju Etape terakhir TdT menjadi puncak kegiatan dimana oleh Wakil Bupati Timor Tengah Selatan (TTS), Obed Naitboho yang melepaskan peserta TdT di Kantor Bupati mengharapkan pelaksanaan Tour di Timor tahun mendatang diarahkan ke Gunung Mutis yang merupakan salah satu icon wisata cagar alam berada diatas permukaan laut  1000-2000 meter. Cagar Alam Gunung Mutis ini terkenal dengan gunung-gunung batu marmernya yang oleh masyarakat setempat disebut Faut Kanaf atau batu nama. Kawasan wisata ini berjarak sekitar 140 km dari Timur Laut Kupang dan memiliki luas sekitar 12.000 hektar. Kawasan cagar alam ini dihuni oleh salah satu suku tertua di NTT yaitu Suku Dawan.

Untuk mencapai kawasan Cagar Alam Gunung Mutis dapat ditempuh melalui tiga jalur yakni dari arah selatan, timur dan utara. Dari arah selatan dan timur melewati Kabupaten Timor Tengah Selatan, dimana setelah tiba di Kapan (Kota Kecamatan Molo Utara) jalur menuju lokasi Cagar Alam Gunung Mutis terbagi atas dua arah yaitu, arah selatan menuju Desa Fatumnasi (49 Km dari Soe, Kota Kabupaten TTS), dan arah timur melalui Desa Bonleu (30 Km dari SoE, Kota Kabupaten TTS). Sedangkan dari utara melalui Kabupaten Timor Tengah Utara.

Lokasi ini merupakan salah satu obyek wisata yang ditawarkan Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Obed Naitboho sebelum melepas peserta Tour di Timor dari Kantor Bupati Timor Tengah Selatan, menuju Kabupaten Kupang dan Kota Kupang yang merupakan lokasi finish Tour di Timor 2017.

Pada pukul 10.30 WITA, peserta dijemput dengan seremonial sederhana oleh Pejabat Pemerintah Kabupaten Kupang, di Jembatan Noelmina, Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang. Para peserta diarahkan menuju titik singgah di Obyek Wisata Gunung Fatuleu, Kecamatan Fatuleu Tengah, Kabupaten Kupang dengan jarak tempuh 20 kilometer. Di Gunung Fatuleu peserta menikmati udara yang segar sambil memotret panoramanya kemudian diharapkan dapat memfiralkannya ke media sosialnya agar dunia tahu pesona alam di NTT khususnya daratan Timor. (Oscar)

 

 

 

Comments
Loading...