Informasi Terupdate Hari Ini

Hasil Rapat Pleno 14 Kabupaten, Victory_Joss Unggul

0 75

Red: Tim Media KPUD NTT

KUPANG (faktahukumntt.com), Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT mulai menggelar rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur NTT, Sabtu (7/7/2018) petang.  Rapat pleno penghitungan suara berjalan lancar dan aman.

Dari 22 kabupaten/kota di NTT sudah 14 kabupaten yang hasil perolehan suaranya selesai dihitung dalam rapat pleno Sabtu petang. Pasangan Viktor Laiskodat-Josef Nae Soi unggul di 14 kabupaten itu.

Empat belas kabupaten yang hasil perolehan suaranya sudah dihitung dalam rapat pleno Sabtu petang itu yakni Sumba Tengah, Sumba  Barat, Sumba Timur, Sabu Raijua, Rote Ndao, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Timor Tengah Utara (TTU), Belu, Malaka,  Lembata, Flores Timur, Manggarai dan Manggarai Barat.

Sedangkan delapan kabupaten yang belum melakukan rapat pleno di KPU NTT yakni Ende, Nagekeo, Ngada, Manggarai Timur, Sumba Barat Daya, Sikka, Alor dan Timor Tengah Selatan (TTS).

Dari hasil rapat pleno 14 kabupaten itu, pasangan Ir. Esthon L. Foenay-Drs. Christian Rotok memperoleh 287.158 suara,  pasangan Marianus Sae-Emelia J. Nomleni 242.715 suara, pasangan Dr. Benny  K. Harman-Drs. Benny A. Litelnoni 234.379 suara dan pasangan Viktor Laiskodat-Josef A. Nae Soi memperoleh 540.271 suara.

Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe, dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara di Aula Kantor KPU NTT mengatakan, “Jadwal dan tahapan Pilgub sudah kita lalui, dan hampir sembilan bulan lamanya kita terus bertemu dan melaksanakan seluruh proses sehingga seluruh jadwal dan tahapan berjalan dengan aman dan lancar meskipun memang ada riak-riak kecil. Itulah proses demokrasi.”

Maryanti mengapresiasi  pasangan calon dan tim pemenangan yang sudah bekerja sama dengan baik dan juga mengikuti seluruh aturan, jadwal dan tahapan Pilgub sehingga semuanya berjalan dengan baik.

“Terima kasih kepada paslon dan tim pemenangan yang sudah bekerja sama dengan baik karena selalu mengikuti aturan dengan baik. Juga seluruh penyelenggara dari tingkat atas sampai bawah, Bawaslu dan jajaran Panwaslu serta yang kami banggakan seluruh jajaran Polda dan TNI serta pemerintah,” kata Maryanti.

Maryanti mengatakan, rapat pleno rekapitulasi akan dilaksanakan tiga hari yakni tanggal 7-9 Juli. “Hari ini baru 14 kabupaten yang hadir langsung diplenokan, dan delapan kabupaten lainnya akan dilakukan pada Senin tanggal 9 Juli karena masih dalam perjalanan karena belum mendapat tiket penerbangan. Ada dua  kabupaten yakni Kabupaten TTS masih melakukan pleno, sedangkan Kabupaten Sumba Barat Daya masih akan melakukan pemilihan suara ulang (PSU) di dua TPS di Desa Kelembu Weri, Kecamatan Wewewa Barat karena beberapa persoalan yang harus diselesaikan,” jelas Maryanti. (YM)

Comments
Loading...