fbpx
Informasi Terupdate Hari Ini

Padron A. S. Paulus: Pemeritah Kota Kupang Akan Mempercepat Proses Pemekaran Kelurahan.

0 111

FHI-KOTA KUPANG, Saat di temui dalam ruang kerjanya beberapa hari lalu,  Padron A. S. Paulus yang biasa di sapa Don paulus, ketua Komisi I dari fraksi Nasdem, menyampaikan bahwa untuk pemekaran kelurahan ada lima kelurahan di Kota Kupang yang rencana di mekarkan yaitu, Kelurahan Sikumana, Kelurahan Namosain, Kelurahan Lasiana, Kelurahan Liliba dan Kelurahan Oesapa.

Pemekaran ini sangat diperlukan karena ke-lima kelurahan tersebut memiliki wilayah yang sangat luas dan jumlah penduduknya sangat padat. Sehingga diharapkan dengan adanya pemekaran dapat membantu peningkatan pelayanan dan pendekatan pelayanan terhadap masyarakat. “Setidaknya adanya pemerataan bagi masyarakat dalam menerima bantuan dari pemerintah, oleh karena itu DPRD Kota Kupang mendorong pemerintah Kota Kupang agar proses pemekaran Kelurahan di percepat”, ungkap Don Paulus.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua LPM kelurahan Sikumana bahwa Pemekaran suatu wilayah harus memenuhi syarat-syarat pemekaran suatu wilayah kelurahan. Sebenarnya untuk kelurahan sikumana dapat dimekarkan menjadi tiga wilayah kelurahan namun dilihat dari kondisi keuangan dan lainnya maka pemekaran menjadi satu kelurahan.

untuk mendukung pemekaran ini 100 persen mendapat dukungan dari LPM dan masyarakat hal ini terkait dengan pemerataan dalam pembagian bantuan kepada masyarakat. Misalkan bantuan sekitar 1 M untuk dibagikan ke seluruh masyarakat yang layak menerima bantuan maka pasti masih banyak masyarakat yang tidak mendapatkan bagian bantuan tersebut. Contoh lain wilayah sikumana begini luas tetapi hanya mendapat anggaran pembangunan jalan 500 meter hal ini sangat menyakitkan masyarakat sikumana  memudahkan pelayanan terhadap masyarakat maupun mendekatkan pelayanan terhadap masyarakat. Sangat sulit dalam merealisasikan pemerataan pembangunan infrastruktur jalan contonya

Sebagaimana tanggapan dari Lurah sikumana Daniel Mone ketika ditemui awak media Fakta Hukum di ruang kerjanya. Menurut mone, rencana pemekaran kelurahan sikumana sudah di usulkan dari tahun 2011 pada waktu itu lurah nya Ibu Naomi Djobo.

Sikumana sangat luas dengan jumlah penduduknya sangat padat, saat ini sikumana memiliki 44 RT, 18 RW dan jumlah penduduk kelurahan sikumana kurang lebih 18.000.300-san penduduk dengan kondisi ini sudah tergolong besar. Terkait dengan pemekaran Tim ahli dan bagian pemerintahan di turunkan ke 5 kelurahan yang mau di mekarkan untuk mengadakan Focus Grup Diskusi(FGD). Kegiatan FDG  di lakukan selama tiga hari, mulai dari tanggal 1 desember sampai dengan tanggal 3 desember 2016 di 5 (lima) kelurahan yang akan dimekarkan tersebut.

Untuk pemekaran kelurahan dan kecamatan, sesuai dengan peraturan pemerintah no 19 tahun 2008 tentang kecamatan dan  pemekaran kelurahan baru,  dan juga telah tertuang dalam peraturan mendagri no 31 tahun 2006 tentang pembentukan, penghapusan, dan penggabungan kelurahan atau kecamatan. (Oscar Bessie)

Comments
Loading...