Informasi Terupdate Hari Ini

Perhatian Pemerintah Kabupaten Belu Tak Seindah Hamparan Pasir Putih

0 87

FHI-NTT, Hamparan pantai pasir putih yang terletak di kenebibi, kecamatan kakuluk mesak menghadirkan pesona alami yang begitu indah dengan  panjangnya hamparan pasir putih sejauh mata memandang membuat nyaman setiap pengunjung.

Namun sayang Pengakuan dari warga sekitar pantai pasir putih seperti di ungkapkan oleh Yunus Brangku Kalimeta 63 thn,  ia tinggal di daerah objekwisata dari tahun 1999. Bahwa pemerintah belum mengambil alih untuk mengelola objek wisata pasir putih tersebut.

Sekitar tahun 2002 pemerintah kabupaten Belu baru memfungsikan wisata tersebut. Pada dasarnya objek wisata ini sangat bagus sekali namun ada beberapa hal yang perlu ditatah dan dibenahi seperti penerangan listrik, air bersih dan sampah bertebaran di pantai, sehingga membuat daya tarik pengunjung berkurang.

Keindahan pantai ini tak dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah Kabupaten Belu sama halnya  persiapan pemerintah kabupaten (pemkab) Belu menyambut Tour di Timor yang di gelar oleh Dinas Pariwisata Provinsi NTT jauh dari harapan.

Para peserta Tour di Timor (TdT) kembali melanjutkan touring dari etape dua dari titik star di Pantai Pasir Putih, Atapupu, Belu, menuju etape ketiga di Kabupaten TTU. Lintasan touring ini melalui jalur pantai utara menuju Wini dan Tanjung Bastian. Pelepasan touring ini dilakukan oleh Kepala Dinas Pariwisata NTT Marius Jelamu dan Dandim 1605 Betu Letkol l Gusti Dwika.

Acara pelepasan Tidak semeriah acara pelepasan seperti di Betun dengan tarian Likurai yang sangat teatrikal. Pemkab Belu tidak siap untuk menyambut event  ini, padahal ini adalah even yang sudah matang dan telah diagendakan oleh pemprov. NTT dalam rangka menyongsong HUT Provinsi NTT yang digelar tanggal 20 Desember 2017.

Kadis Marius Jelamu kepada wartawan mengatakan, TdT merupakan salah satu upaya dan strategi marketing pariwisata untuk menciptakan branding baru pariwisata di Pulau Timor. “Selain Festival Likurai yang masuk even nasional, kita berharap TdT menjadi ajang menciptakan branding baru pariwisata Timor. Itu prinsip dasar kita,” kata Jelamu.

Lanjut Jelamu, kendati belum semua Pemkab memberikan perhatian serius kepada even ini, namun Jelamu tetap berharap kerjasama terus dilakukan untuk perbaikan even ini agar lebih baik di tahun depan.

Sementara itu, Dandim 1605 Belu, Letkol Czi I Gusty Putu Dwika menuturkan, pihaknya berterima kasih bisa dilibatkan dalam even promosi pariwisata Timor lewat TdT Timor. “Semoga tahun depan kita tetap bekerja sama antara TNI dan Pemprov NTT agar even ini tetap dilaksanakan. Kami harapkan pesertanya lebih banyak agar lebih efektif memperkenalkan destinasi pariwisara di Timor,” ujar Gusti Putu Dwika. (Oscar)

 

 

Comments
Loading...