Informasi Terupdate Hari Ini

Bupati Lembata : Revolusi Kerja Harus APIIKK

0 80

LEMBATA FHI- Dapat diartikan APIIK yang merupakan budaya kerja.   Kalau   diterjemakan per-abjad maka ; (Aspiratif, Produktif, Inovatif, Integratif, Konkrit, Kontributif, Kompetitif). Hal ini disampaikan oleh Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur kepada 24 pejabat tinggi pratama melalui ujian Job Fit SQ, EQ dan SQ berkaitan dengan Revolusi kerja harus memiliki tujuh kunci untuk membangun pulau lembata dalam kurung waktu empat setengah tahun dalam kepemimpinan Sunur dan Thomas.

 Sunur mengajak bagi 24 Pejabat Tinggi Pratama Kabupaten Lembata  bahwa Tujuan APIIKKK adalah untuk menata dan mengembangkan budaya sumber daya manusia ASN sesuai kualifikasi dan  kompetensi dan meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan publik pada masyarakat Lembata. Budaya Job Fit yang di lakukan  Bupati  Sunur bertujuan untuk menilai kepribadian secara Antropologi. Karena ada kelemahan dan dilema dari setiap Kepala Dinas kurang kasar dan emosi untuk membangun diri.

Sunur, dengan bijak mengajak kepada 24 peserta Job Fit, jika setiap orang berani dan cepat menerjemakan visi dan misi dengan ‘’berpikir Gila ‘’ Seperti Saya (BUPATI) maka lembata ini pasti bagus.  Saat ini kita harus berlari estavet dan harus melebihi kabupten Alor, Kupang dan daerah-daerah yang lain. Kita sadar bahwa Lembata merupakan  Mama atau ibu Kandung Kabupaten Flores Timur, namun sebagai anak harus pintar.

“Saya  malu kalau anaknya kurang cerdas mempromosikan diri. Semua kandungan lembata itu sangat banyak. Sebagai  anak  lembata  berusia 18 tahun ini merupakan suatu sumber yang harus berlari cepat dan harus jatu bangun.  Kita  jangan tangkut.  Kita  harus menjadi anak-anak lembata yang nakal, kalau tidak nakal maka kurang dipromosi dan jangan membuat diri sopan dan luguh namun menyembunyikan kenakalan maka dia bukan Manusia”,tegas Sunur.

Dalam sambutan yang berlangsung pada Aula Hotel Palm, Sunur mengatakan,saat ini kita harus jadi orang gila,dengan demikian sunur,mengajak kepada 24 ASN untuk sadar dengan kinerja yang selama ini merekan lakukan. Kita tahu selama Lima Tahun kepemimipinan saya banyak Penjabat tidak sanggup berkerja. Dalam pengelihatan kacamata pembangunan infrastruktur,pengembangab ekonomi,dan juga pariwisata sangat buruk dan hampir-hampir mati suri.

Saat ini pemerintah Lembata harus ubah SDM, sehingga SDA kita yang banyak ini dapat dilakukan sebaik-baiknya sesuai dengan kinerja setiap instansi. Maaf saja dari 24 peserta ini yang berhasil kemungkinan 20 persen saja. Karena saya tahu siapa yang masi kuat. Kita butuh manusia yang cerdas bukan kita mencari pangkat atau jabatan . Sunur bukan berpolitik tapi sebagai bupati untuk menentukan yang harus sebagai ‘’Anak Buah Kapal Lembata Raya’’.

Bupati lembata saat ini memiliki tujuan yang matang dalam membangun Infrastruktur, jalan, air, dan juga Pariwisata. Tentang pariwisata pada tahun 2018 ini bertujuan akan mempromosikan Vestifal Tiga Gunung. Dan perencanaan ini sudah diketahui oleh Kementrian Pariwisata dan kementrian PU RI. Bupati menyatakan janji ini akan terjawab.  Dan pasti  Presiden Jokowi datang di lembata untuk memberi nama jalan, dan melihat karakter masyarakat yang dipandang dari nilai Antropologi. Maka hal ini sangat membutukan Pejabat yang benar-benar bekerja dari diri dan mengenal kinerja diri dan juga mengenal masyarakat secara dekat,jangan berpura-pura menjadi kaca tapi ragu-ragu bercermin. Kalau menjadi orang gila ya.. harus Gila, ungkap Bupati Eliaser Yenjti Sunur.

Lanjut Sunur, Saya selaku Bupati harus memilih dan menilai siapa yang harus layak. Selama ini hampir semuanya kurang menanggapi  visi dan misi. Kita tahu bahwa kita diuji oleh alih psikologi untuk mengukur kepribadian dan hasil itu akan menemukan keunikan pada Antropologi ekonomi,antripologi,biologis,antropologi pariwisata. Banyak perntanyaan yang diajukan oleh Pakar Ilmu Otak Manusia. Ujian ini berjalan selama 5 hari (18-22 desember 2017). Hasilnya akan diumumkan dan menurut penilaian saya Cuma 20 persen orang yang layak.

Hasil pantauan Wartawan FHI, dengan kondisi lembata saat ini banyak penilaian dari masyarakat tentang cara kerja pemerintahan lembata. Namun tingka laku pembangunan ini semuanya berawal dari diri.

Harapan Sunur mudah-mudahan pada bulan januari 2018 akan terjadi lelang Jabatan atau PLT. Maka SDM Lembata itu harus diukur dari otak yang masi sehat bukan otak pejabat yang sudah terkena virus malaria. Mari kita membangun lembata yang berawal dari diri kita . Mari  kita berdoa dan berkerja. ajak  Sunur.(Rofinus)

Comments
Loading...