Informasi Terupdate Hari Ini

Kuli Tinta (Wartawan) Terpilih Menjadi Ketua RT 036 Sikumana

0 103

FHI-Kota Kupang, Pemerintah Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar pesta demokrasi rakyat untuk memilih langsung ketua, sekretaris dan bendahara rukun tetangga (RT) 036/RW 014 Jalan Air Lobang II Sikumana , Selasa, 26 Desember 2017.

Ketua RW sekaligus sebagai ketua panitia, Yohanes Pandi, S.IP mengapresiasi kegiatan pemilihan Ketua RT 036. Hal itu membuktikan dukungan warga terhadap lingkungan sangat besar.

“Kehadiran warga lebih dari aturan yang berlaku yakni 50 % + 1. Total jumlah pemilih yang ada di RT.036 sebanyak 43 orang sementara warga yang hadir dalam pemilihan ini sebanyak 32 orang itu artinya sudah memenuhi ketentuan berlangsungnya pemilihan.  Hal ini mungkin karena pemilihan ketua RT akan dirasakan langsung warga lima tahun ke depan,” kata Pandi.

Pandi mengatakan, siapa pun nanti yang terpilih melanjutkan kepemimpinan sebelumnya, minimal mempertahankan yang sudah baik sekarang dan akan lebih ditingkatkan. Menjadi pemimpin bukan hanya bisa memimpin saja tetapi lebih dari itu yakni bisa bekerja sama dengan semua pihak untuk bisa membangun RT ini lebih baik ke depan. Dia juga meminta warga di RT 036 mendukung Ketua RT 36 terpilih, mengingat semua calon merupakan orang-orang yang jiwa sosialnya tinggi.

“Seperti kita ketahui, menjadi seorang ketua RT, butuh jiwa sosial yang tinggi karana pemilihan ketua RT ini tidak mempunyai gaji alias pekerja sosial,” ujar Pandi.

Proses pemilihan pun berlangsung cepat. Awalnya para calon Ketua RT dipilih dari warga yang hadir dalam pemilihan ini dengan melewati beberapa tahapan. Tahapan pertama, Ketua Panitia membagikan lembaran kertas kosong untuk ditulis salah seorang nama calon RT yang dikendaki oleh pemilih.  Dan hasilnya Yavet Alfons Mau memperoleh 11 suara, Hajai Lolet memperoleh sembilan suara dan ibu Wati memperoleh tujuh suara serta Ibu Do berhasil meraih lima suara.

Pemilihan dilanjutkan pada tahap kedua mengerucut pada ketiga nama dengan perolehan suara terbanyak yakni Yafet A. Mau, Hajai Lolet dan Wati untuk dipilih menjadi pengurus RT yang baru. Pemilihan RT pun berlangsung tertib dan aman alhasil Yafet Mau berhasil meraih suara terbanyak berjumlah 18 suara, Hajai Lolet diurutan kedua dengan perolehan sembilan suara dan Wati lima suara.

Dalam sambutannya, Yafet Mau mengatakan bahwa menjadi ketua RT bukan skedar ikut-ikutan tetapi  menjadi seorang Ketua RT adalah panggilan hati untuk melayani masyarakat RT.036 ini. Untuk itu, saya hadir di sini dengan mengacu pada motto, “Berubah, Peduli, Berbagi”. Berubah untuk yang lebih baik, peduli kepada sesama warga dan peduli lingkungan, serta berbagi sesuatu (pikiran, tenaga dan materi) untuk mewujudkan kesejahteraan warga serta terciptanya lingkungan tertib, aman, tenteram, bersih dan nyaman, ungkap Yavet Alfons Mau alias Oscar. (Iin)

Comments
Loading...