Informasi Terupdate Hari Ini

TERKINI MENUJU KABUPATEN KUPANG 2018-2023

0 85

FHI-NTT. Paket “TERKINI” ingin mengubah Kabupaten Kupang menjadi Kabupaten yang maju dan produktif pada periode 2018-2023.

Tidak ada ruang bagi manipulasi, kebohongan dan penistaan konsep penyelenggaraan pemerintahan sehingga cita-cita menjadikan Kabupaten Kupang yang Maju dan Produktif saat ini dicermati oleh masyarakat pemilih untuk menentukan pilihan kepada Paket “TERKINI” pada Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Kupang Tahun 2018. Di sampaikan kepada masyarakat agar harus cerdas dan obyektif dalam menentukan pilihannya. Tidak ada lagi pembelajaran budaya politik kotor dan bebas nilai. Masyarakat harus menjadi raja untuk dirinya dan system pemerintahan untuk memanifestasikan kedaulatan rakyat yang sejati.

Program yang sudah ada dapat kita perjuangkan menjadi lebih baik demi peningkatan pelayanan kemasyarakatan dan pembangunan pada semua lini agar dapat berimbang, yang belum kita kreasikan bersama untuk ada yang nantinya hasilnya Kita lestarikan melalui materi peneilitian dan pengembangan yang juga kita rancang bersama.

Paket “TERKINI” memiliki keinginan yang kuat dalam membangun masyarakat Kabupaten Kupang dengan mengusung VISI, MISI, TUJUAN dan SASARAN STRATEGIS sebagai berikut : VISI  “Terwujudnya Kabupaten Kupang Sebagai Daerah Maju dan Produktif Berbasis Iptek dan Ekonomi Lokal”. Visi tersebebut dapat di baca sebagai gambaran mental (mental picture) tentang keadaan masa depan Kabupaten Kupang periode tahun 2018-2023, yaitu daerah yang sebagain besar pendapatan daerah dapat dari industri (industri kecil, menenah dan besar), Pendapatan Perkapita tinggi, Angka kematian kecil, Tingkat Pendidikan tinggi, Iptek telah dikuasai, Keadaan perekonomian lebih baik, Fasilitas di segala bidang terpenuhi, Timbulnya krisis lingkungansegra diatasi dan barang yang keluar lebih tinggi dari pada barang yang masuk.

Misi : Menyelenggarakan sisitim pertanian terpadu daerah secara berkelanjutan, Humanis berorientasi pasar. Mengembangkan pendidikan secara profesional yang berorientasi mutu dan karakter. Melakukan pementapan jejaring dengan pusat unggulan pelayanan kesehatan dan sisitem rujukan. Mewujudkan menejemen pemerintahan yang inovatif, solid, bertanggug jawab dan partispatif. Menata dan mempercepat pembangunan wilayah melalui pengembangan kemitraan.

Tujuan dan Sasaran Strategis Meningkatkan Produktifitas dan Nilai Output Pertanian Daerah. Meningkatkan Angka Pendapatan Perkapita dan Daya Beli Masyarakat. Meningkatkan Angka Partisipasi, Mutu dan Kualitas Pendidikan Dasar. Meningkatkan Angka Harapan Hidup dan Menurunkan Angka Kesakitan Masyarakat. Meningkatkan Pelayanan Publik melalui Peataan kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business prosess) dan sumber daya manusia aparatur. Meningkatkan Angka Partisipasi Perempuan Dalam Proses Pmerintahan dan Pembangunan. Mengurangi Kejadian Eksploitasi Anak dan Perempuan. Memfasilitasi Proses Penyediaan Lahan Bagi Warga Baru (Eks. Pengungsi Timor-Timur). Memfasilitasi Penyelesaian Masalah Batas Antar Daerah dan Negara. Meningkatkan Angka Partisipasi Angkatan Kerja Sektoral. Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja. Menurunkan Rasio Ketergantungan Tenaga Kerja Produktif. Pengembangan Wilayah Pemerintahan. Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Daerah dan Menekan Capital Flight. Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Daerah dan Menekan Capital Flight. Meningkatkan Kualitas dan Ketersediaan Infrastruktur Daerah.

Arti dan Makna Tagline “TERKINI” secara integral memiliki pengertian adanya upaya Updating/merubah berbagai system pelayanan pemerintahan pada sector-sektor public yang relevan dengan rumusan arah pembangunan sesuai karakter dan kebutuhan masyarakat Kabupaten Kupang. “TERKINI” dalam bahasa Indonesia merupakan gabungan kata dasar KINI yang diberi awalan TER”. Arti kata KINI dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pada waktu ini, sekarang ini. Awalan ter– di dalam bahasa Indonesia berfungsi sebagai pembentuk kata kerja (verba) pasif yang menjelaskan makna ter-  sebagai  dalam keadaan. Yang jika digabung menjadi “TERKINI” akan memiliki arti = “Keadaan yang baru” atau yang lebih familiar diucapkan dengan kata “ Update”.

“TERKINI” adalah Akronim dari nama Kandidat Bupati dan Wakil Bupati. TER merupakan awalan kata yang menunjukan semangat dan niat Kandidat menjadi paket pemimpin yang lebih focus pada pelayanan, pemberdayaan dan pembangunan. “KI” merupakan akronim dari nama panggilan kandidat Bupati yaitu “Veki”. “NI” merupakan akronim dari nama panggilan kandidat Wakil Bupati yaitu “Joni”.

Alasan keikutsertaan paket “ terkini ” pada pilkada kabupaten kupang tahun 2018. Alasan Keimanan : Aktualisasi Iman Kristen ”KASIH”. Kasih adalah Undang-undang Dasar Kerajaan Allah. Dalam keimanan Kristiani, Kasih adalah Hukum, Hukum itu mengikat. Dengan maksud tersebut, Paket “TERKINI” hadir untuk menunjukan eksistensi hukum Kasih dalam pribadi Kandidat yaitu : Menunjukan kesetiaan Kandidat pada Allah Pencipta langit dan bumi, Allah yang disembah dalam Nama Yesus Kristus. Kesetiaan yang utama adalah Kesetiaan kepada Allah. Jika terhadap Allah kesetiaan Kandidat benar dan pasti, maka kesetiaannya terhadap jabatan dan tanggangjawab duniawi tentunya akan berjalan dengan lancar. Menunjukan kodrat sejati Kandidat sebagai manusia yaitu hidup untuk mengasihi, karena tanpa Kasih kita semua tidak akan mencapai keselamatan (sorga). Pemimpin harus menjalankan karakter Kasih, mengasihi akan merubah musuh menjadi kawan, merubah yang sulit menjadi mudah, yang miskin dan tertindas menjadi mampu dan berdaya.

Alasan Sosiologis :Paket “TERKINI” adalah Paket yang didalamnya terdiri atas Dua (2) Putra Daerah terbaik Kabupaten Kupang yang memiliki prestasi/kinerja terukur di Bidang Pemerintahan dan Bisnis. Paket “TERKINI” merupakan kaloborasi dua (2) suku timor terbesar di Kabupaten Kupang, yaitu Suku Timor Dawan dan Timor Amarasi dengan memaduserasikan nilai kekerabatan seluruh suku bangsa yang ada di NTT dan Indonesia yang berasal dari kedua Istri Kandidat. Paket “TERKINI” merupakan Paketnya Petani, Paketnya Kaum Marginal dan Paketnya  Anak Muda Kabupaten Kupang.

Alasan Politis  : Paket “TERKINI” harus masuk dalam kontestasi politik dalam Pemilukada Kabupaten Kupang Tahun 2018 sebagai bentuk apresiasi atas aspirasi masyarakat Kabupaten Kupang sejak tahun 2013 sampai saat ini. Paket “TERKINI” membawa visi revolusioner dalam menata kembali manajemen birokrasi dan struktur/fungsi masyarakat yang saat ini terkotak dalam sekat geopolitik dan kelas social dengan barasaskan potensi dan kultur yang tersedia. Paket “TERKINI” hadir dengan tujuan mengangkat derajat masyarakat dan daerah Kabupaten Kupang dalam menghadapi tantangan global dan nasional dengan pendekatan Strategic Planning yang inovatif, ekonomis, akuntabel dan transparan.(Misa)

Comments
Loading...