Informasi Terupdate Hari Ini

KELURAHAN NAIKOTEN II LAUNCHING LAYANAN SODAMOLEK & PENTAS KREASI SENI

0 126

Kota Kupang-(fakta hukumntt.com), Bertempat di halaman depan kantor lurah Naikoten II, kecamatan Kota Raja, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jumat (2/3/2018), Kelurahan Naikoten II telah melakukan kegiatan launching sodamolek dan pentas kreasi seni.

Kegiatan ini di hadiri oleh wakil walikota kupang, dr Hermanus Man, plt Dirut Bank NTT, Eduardus Bria Seran, Para Camat, Para Lurah, Kepala Sekolah dan siswa/ siswi serta warga masyarakat Kelurahan Naikoten II.

Dalam kesempatan ini wartawan fakta hukum sempat mewawancarai Lurah Naikoten II, Andre Otta, dan Andre “sapaan lurah” menyampaikan sekilas tentang “Soda Molek”.

Menurut Andre, Soda Molek adalah seni menghadirkan ” Self and full time public service”, sebagai sebuah program inovasi lanjutan dari Kelurahan Digital Naikoten II yang tahapan nya telah di mulai sejak tahun 2011.penataan di mulai dengan membuat “standart operation prosedur ” ( SOP), serta pola layanan ” one stop service” yang membagi kantor menjadi 2 ( dua) bahagian yaitu ” front office dan back office.” atas inovasi itu, Pada tahun 2012 kelurahan Naikoten II mendapat juara 1 Lomba kelurahan tingkat kota kupang, dan juara 2 Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi NTT.

Tahun 2013 pelayanan di tingkatkan dengan membangun ” Digital Village”, atau kelurahan Digital pertama di NTT, bekerja sama dengan Sitkom Uyelindo dengan mengusung program SMS Gateway “(pelayanan informasi di luar jam kantor)”, Digital Layout dan Thin client. Atas inovasi ini kelurahan Naikoten II meraih juara I lomba kelurahan tingkat kota kupang, juara I Lomba Desa dan Kelurahan tingkat provinsi NTT, dan juara 2 Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Nasional serta meraih Adhykarya bhakti praja Madya dari Menteri Dalam Negeri.

Selain informasi, Masyarakat juga membutuhkan layanan administrasi di luar jam kantor, sehingga sebagai wujud komitmen akan pelayanan yang prima, kelurahan Naikoten II mengembangkan pola layanan administrasi di luar jam kantor yang terintegrasi dengan basis data kependudukan dan penertiban perpajakan.

Lanjut, Andre , Dengan konsep ” Smart village” kelurahan Naikoten II bersama Stikom Artha Buana meluncurkan ” Soda Molek”. Untuk selalu menyapa warga dalam bentuk pelayanan 24 jam sehari, dan tujuh hari seminggu.

Pelayanan public yang baik berdampak pada multi aspek dan dimensi pemerintahan dan pembangunan.

Sementara wakil walikota kupang, dr Hermanus Man, mengatakan bahwa Ia sangat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kegiatan ini sudah lama kita nanti- nantikan , “dalam rangka penjabaran program soda molek”, walaupun tulisannya kecil sekali namun besar artinya, yakni,” Smart City”,kota yang cerdas. (Oscar)

Comments
Loading...