Bangga Terhadap BASARNAS  Peduli Kabupaten Kupang, Ini Pernyataan Wabub Kupang

Dibaca 71 kali

Faktahukumntt.com – OELAMASI KUPANG

Upacara pembukaan pelatihan pertolongan di atas permukaan air bagi potensi pencarian dan pertolongan Tahun 2020 berlangsung di Kantor Basarnas Kupang, Selasa 10 Maret 2020. Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe yang bertindak sebagai Inspektur upacara dalam sambutannya mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Kupang berterima kasih dan bangga kepada Basarnas khususnya kantor pencarian dan pertolongan Kupang yang melaksanakan kegiatan pelatihan pertolongan di atas permukaan air bagi potensi pencarian dan pertolongan Angkatan II dan Angkatan III Tahun 2020, yang mana pesertanya direkrut dari warga masyarakat Kabupaten Kupang.

Menurutnya, tidak semua warga masyarakat memiliki kemampuan untuk menyelamatkan dirinya saat terjadi bencana khususnya kecelakaan di atas permukaan air, sehingga ketika terjadi bencana di atas permukaan air, maka dibutuhkan orang yang memiliki kemampuan dan keterampilan untuk memberikan pertolongan kepada korban.

Jerry menjelaskan kondisi wilayah perairan kab.kupang yg luas wilayahnya 5.298,13 km memiliki perairan seluas 3.278,25 km dengan panjang garis pantai 442,52 km, terdiri dari 24 kecamatan, 160 desa dan 17 kelurahan, bencana dapat terjadi kapan dan dimana saja maka tentunya dibutuhkan personil yang memiliki kemampuan pencarian dan pertolongan di atas permukaan air.

Baca Juga :  NTT Mengalami Devisit Neraca Perdagangan Luar Negeri Sebesar US $ 30.212.590

Lanjutnya, dengan diikutsertakannya peserta dari Kab. Kupang maka diharapkan Kab. Kupang memiliki kapasitas dlm penanggulangan bencana di bidang pertolongan di atas permukaan air.

Peserta yang kami utus mengikuti kegiatan ini, diakui Jerry tentunya belum memiliki pengetahuan dan ketrampilan tentang pertolongan di atas permukaan air, karena itu dirinya berharap agar Basarnas dapat menggodok mereka sehingga benar-benar usai pelatihan ini mampu bertindak sebagai tenaga pencairan dan pertolongan di atas permukaan air.

Kepada Basarnas melalui Kepala Kantor Pencairan dan Pertolongan Kupang, Jerry sangat mengharapkan agar terus merekrut warga Kab. Kupang untuk mengikuti pelatihan pada waktu-waktu mendatang mengingat kebutuhan dan luas wilayah kab. Kupang, baik pelatihan yang sama maupun jenis pelatihan lainnya yang bermanfaat pada situasi darurat bencana khususnya di bidang pencairan dan pertolongan.

Baca Juga :  Serah Terima Jabatan Kepala Bagian Humas Kabupaten Kupang

Upacara ini dihadiri oleh Direktur Kesiapsiagaan Basarnas, Kepala Kantor Pencairan dan Pertolongan Kupang,pejabat yang mewakili Danlanud Eltari, General Manager Air Nav Kupang, Pejabat yg mewakili General Manager Angkasa Pura, Pejabat yang mewakili BMKG Kupang, Pejabat yang mewakili Pertamina Eltari, Kabag Humas Kab.Kupang, Plt. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab. Kupang, Camat dari Semau Selatan, Kupang Barat, Amfoang Barat Laut dan Kupang Timur.

Ketua Penyelenggara, Muhammad Arif Anwar mengatakan pelatihan yang mengusung tema “melalui pelatihan potensi pencairan dan pertolongan di atas permukaan air kita tingkatkan profesionalisme dan kompetensi Instansi potensi pencarian dan pertolongan guna pelayanan jasa pencairan dan pertolongan yang cepat, tepat, handal dan aman”, dilaksanakan selama 6 (enam)  hari pada tanggal 10-15 Maret 2020 di Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, pantai Pasir Panjang dan Kolam renang Baumata.

Baca Juga :  Guburnur NTT Minta Warga Amnatun Tidak Golput

Peserta berjumlah 55 orang yang berasal dari Instansi Potensi SAR dan masyarakat dari kecamatan dan desa di kabupaten Kupang.(Mer.humas)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment