IKKA Gelar Perayaan Natal & Silahturahmi Keluarga Besar Alor

Dibaca 59 kali

Kupang (faktahukumntt.com), Ikatan Keluarga Kepulauan Alor (IKKA) Kupang sebagai salah satu paguyuban di NTT akan menggelar perayaan Natal, syukuran dan silahturahmi yang dikemas dalam satu pagelaran budaya yang melibatkan seluruh keluarga Alor baik yang ada di Kupang maupun di daerah lain bahkan di seluruh Nusantara diundang untuk ikut berpartisipasi.

Kegiatan akbar ini, dikemas dalam sebuah pagelaran budaya yang dipadukan dengan ibadah Natal oekumene bernuansa refleksi budaya-religius, akan berlangsung di Aula Politani Kupang, Jumat (21/12/2018) mendatang. Hal ini disampaikan Ketua Panitia perayaan, Roberth Jimmy Lambila saat Konferensi pers di Kupang, Senin (17/12/2018).

Ia menyampaikan, acara ini sebagai ajang membangun persaudaraan dalam kebersamaan sebagai satu keluarga besar  orang Alor untuk ikut ambil bagian pada pembangunan Provinsi NTT, khususnya Kota Kupang.

“Kegiatan ini tidak ada unsur politiknya tetapi lebih sebagai ajang membangun persaudaraa dalam satu ikatan kekeluargaan orang Alor yang ada di Kupang. Tentunya Kami orang Alor juga ingin terlibat mengimplementasikan program pemerintah daerah, baik itu program Gubernur juga Wali Kota,” tegas Roberth.

Baca Juga :  Berkat Inovasi, Desa Kesokoja Lolos Seleksi Program Brincubator Goes To Desa Brilian

Lanjut Roberth, acara ini juga akan  dimeriahkan artis asal Alor, Andmesh Kamaleng dan gitaris Evi Millu serta artis-artis lokal yang semuanya orang Alor. Kegiatan ini, diperkirakan bakal dihadiri sekitar 5.000 orang dari 19 titik kampung Alor di Kota Kupang dan sekitar.

Sementara itu, Ketua Seksi Acara, Jack Kalla mengatakan, acara ini dikemas dalam sebuah pagelaran budaya bernuansa religius dan dimeriahkan oleh semua artis asal Alor baik yang ada di Kota Kupang maupun berada di daerah lain.

Baca Juga :  TdT 2017 Diharapkan Menarik Minat Kunjungan Wisatawan

“Kita libatkan semua seniman orang Alor dan dalam sebuah pagelaran nanti, dipadukan syukuran dan refleksi yang dikemas dengan baik sehingga diharapkan semua peserta bisa menikmati hingga acara selesai. Puncak dari acara ini akan disuguhkan tarian Lego-Lego massal dimana semua peserta mengenakan pakaian adat Alor,” kata Jack.

Seluruh seniman asal Alor terlibat dalam acara ini untuk mengangkat musik etnik dan kebudayaan Alor. Ini upaya untuk memperkenalkan budaya Alor terutama membangun rasa percaya diri generasi muda orang Alor untuk tampil di berbagai bidang pembangunan di daerah ini,” ujar Jack.

Dalam acara ini, kita juga melibatkan beberapa sanggar seni yaitu,  sanggar kasidah, sanggar tari dan musik tradisional khususnya pemain gambus, sedangkan untuk tarian lego-lego massal akan melibatkan 3 ribu penari, sebut Jack.

Baca Juga :  Kadis Perikanan Sikka, Penggunaan Kompresor Dilarang Dalam Penangkapan Ikan

Seluruh rangkaian acara Natal bersama warga Alor akan diiringi musik gambus yang akan berkolaborasi dengan gitaris dan paduan suara, solo, kasidah dan tarian lego lego masal. “Inti  acara Natal bersama warga Alor ini diawali dengan ibadah oekumene yang melibatkan Pastor, Ustad, dan pendeta dari Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT),” tutur Jack.

Turut Hadir dalam Konferensi pers ini, Ketua Panitia (Roberth Jimmy Lambila), Sekretaris Panitia (Vecky Boling) dan seluruh Jajaran Panitia Acara Natal Bersama, Syukuran dan Silaturahmi Keluarga Besar Alor di Kupang.

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment