Jerry Manafe Ingatkan Bidan..!, “Berikan Pelayanan Prima, Berkualitas kepada Masyarakat”

Dibaca 220 kali

Faktahukumntt.com – Oelamasi, Kab. Kupang

[dropcap]W[/dropcap]akil Bupati Kupang, Jerry Manafe mengingatkan kembali soal kualitas pelayaan dan persebaran bidan yang hanya bertumpuk di pinggiran Kota. Hal ini dikatakanya dihadapan 320 Bidan yang mengikuti acara sumpah profesi dan musyawara cabang (mucab) pada hari Jumat (20/12/2019), yang dihadiri oleh Ketua IBI Provinsi, Kadis Kesehatan Kabupaten Kupang, Kabag Humas Kabupaten Kupang, Rohaniwan Rohaniwati, dan segenap insan Pers.

Jerry menekankan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan merupakan kebutuhan dasar yang bersifat kompleks dan menjadi impian setiap warga masyarakat. Maka bidan sebagai tenaga kesehatan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat diharapkan mampu memberikan pelayanan yang prima dan berkualitan yang menjadi impian semua lapisan masyarakat.

Menurutnya, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) merupakan wadah organisasi profesi bidan di indonesia yang memiliki kepengurusan dengan masa jabatam 5 tahun dan memiliki tugas dan tanggung jawab penuh kepada setiap anggota profesi sesuai ketentuan yang berlaku.

Baca Juga :  Wabup Jerry Manafe : Tuhan Telah Menunjukkan Kasih-Nya Bagi Seluruh Jemaat

Dalam organisasi profesi musyawara cabang (muscab) adalah momen untuk memilih pengurus cabang kupang periode 2018 – 2023. Selsin itu juga pengucapan janji adalah momentum konsolidasi seluruh bidan di Kabupaten Kupang untuk mengoptimalkan kualitas pelayanan masyarakat.

“Saya harapkan musyawara cabang (muscab) ini tidak saja memilih kepengurusan tetapi lewat muscab ini juga harus mengevaluasi bidan yang ada di kabupaten kupang yang ditempatkan di seluruh pelosok kabupaten kupang.

“Bidan Bidan yang ditempatkan di seluruh pelosok kabupaten Kupang perlu dievaluasi oleh badan pengurus yang terpilih dan juga Dinas kesehatan Kabupaten Kupang, terkait sebaran bidan lebih banyak bertumpuk di pinggiran kota (Tarus, Kupang Timur, Kupang Barat). Jika ditempatkan di Amfoang dan Amarasi semua keberatan dengan memunculkan berbagai alasan”, ungkap Jerry Manafe

Baca Juga :  Anak Dibawah Umur Diduga korban Human Trafficking Sudah ditemukan.

Kepada 320 bidan, Jerry Ingatkan, sumpah/janji sebagai seorang profesionslisme yang diucapkan harus diwujudkan dengan memberikan suatu pelayanan yang prima dan berkualitas bukan menjauhkan diri dari masyarakat yang sangat membutuhkan.

“Saya kaget!, saat berkeliling di Amfoang ternyata begitu banyak puskesmas yang kekurangan bidan dan lebih banyak tenaga sukarela yang melayai kesehatan masyarakat. Dan justru tenaga sukarela lebih hebat dari Bidan. Soalnya setiap hari tenaga sukarela praktek menangani kesehatan masyarajat sementara bidan kurang praktek atau melayani masyarakat sehingga sudah tidak mampu lagi”, tutur Wakil Bupati.

Baca Juga :  Gubernur Viktor Ingatkan Salam Kebangsaan

Bagi bidan kristiani, Jerry Manafe mengatakan menjelang Hari Raya Natal, perlu diketahui bahwa Tuhan datang bukan mencari orang kaya atau tempat yang serba enak melainkan DIA datang di tempat yang tidak layak guna menyelamatan kita semua; jadi kalau kita menjadi bidan hanya mau di tengah kota, maka bertobatlah Anda dan kembalilah ke desa-desa.(YB)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment