Kementerian Perhubungan Tinjau Terminal Ferry Domestik dan Internasional di Batam

Dibaca 235 kali

Faktahukumntt.com. – Batam, Kepri

[dropcap]K[/dropcap]ementerian Perhubungan yang diwakili oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Nur Isnin Istiartono, beserta jajaran meninjau kesiapan penyelenggaraan fasilitas angkutan mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020 di beberapa pelabuhan yang dikelola Badan Pengelola Pelabuhan Batam BP Batam, Senin (23/12/2019).

Kunjungan diawali dengan peninjauan ke Terminal Ferry Domestik dan Internasional Sekupang, dilanjutkan ke Terminal Ferry Harbour Bay, Terminal Ferry Internasional Batam Centre, dan Pelabuhan Pelni Batuampar.

Dalam kunjungannya, Isnin mengapresiasi fasilitas pelabuhan yang dikelola Badan Pengelola Pelabuhan Batam dalam menyambut mudik Nataru 2020, seperti Terminal Ferry Domestik Sekupang, Terminal Ferry Internasional Sekupang, dan Terminal Ferry Internasional Batam Centre.

Baca Juga :  Sri Wulandari, 11 Wisma untuk 85 Orang Lansia

“Untuk Terminal Ferry Domestik dan Internasional sangat bagus fasilitasnya. Untuk Terminal Ferry Internasional Batam Centre walau ada pola bisnis di dalamnya, tapi tidak mengganggu pelayanan dan sangat nyaman bagi para penumpangnya,” kata Nur Isnin Istiartono.

Isnin juga memantau fasilitas di Pelabuhan Pelni Batuampar dengan meninjau ruang tunggu calon penumpang Pelni, hingga rute menuju KM Kelud yang sandar di Dermaga Utara Pelabuhan Batuampar.

Ia mengatakan bahwa kesiapan personel yang disiagakan untuk mengawal pemudik yang menggunakan kapal Pelni pada momen Nataru 2020 di Pelabuhan Batuampar sudah cukup baik. Namun ia mengakui bahwa rute yang harus dilalui calon penumpang Pelni dari dan menuju KM Kelud perlu ditinjau kembali.

Baca Juga :  Bupati Korinus: Pengangkatan Pejabat Lingkup Kabupaten Kupang Mengedepankan Prinsip Kompetensi

“Untuk Pelabuhan Pelni cukup jauh dari ruang tunggu ke kapal. Ini memang harus segera dipisahkan antara pelabuhan kargo dan penumpang sehingga mereka lebih nyaman ke depan. Masih ada waktu untuk berbenah,” ujar Isnin.

Isnin mengimbau bagi pemudik untuk merencanakan keberangkatannya jauh-jauh hari serta mengikuti aturan yang diterapkan pengelola pelabuhan demi kelancaran arus mudik Nataru 2020.

“Imbauan untuk para pemudik, diplanning dengan baik. Ikuti aturan dan datang ke tempat simpul, baik di pelabuhan maupun terminal dengan waktu yang cukup. Selain itu bawalah barang secukupnya jangan berlebihan. Kita tahu ada oleh-oleh ya, tapi jangan berlebihan,” tandas Isnin.

Baca Juga :  Gubernur NTT: Perlu Tanggung Jawab Besar Menjaga Komodo

Turut hadir dalam peninjauan ini GM Operasional Pelabuhan Badan Pengelola Pelabuhan Batam Erik Aditama, Manager Keamanan Pelabuhan Kawasan Batam Dedi Suherli dan para Koordinator Administrasi Pengendalian Operasi Terminal Pelabuhan. (NL)

Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment