Ketua IBI NTT: Bidan Ujung Tombak dalam Menekan Angka Kematian

Dibaca 228 kali

Faktahukumntt.com. – Oelamasi, Kab. Kupang

[dropcap]K[/dropcap]etua Pengurus Daerah IBI NTT, Domita Palalangan, SKM, M.Hum., dalam sambutannya dihadapan Wakil Bupati Kipang, Jerry Manafe dan 320 Bidan yang mengikuti acara sumpah profesi menekankan salah satu tugas Bidan adalah sebagai ujung tombak dalam menekan angka kematian ibu anak.

“Bidan itu sebagai ujung tombak dalam menekan angka kematian ibu dan anak. Oleh karena itu diharapkan dalam menjalankan tugasnya seorang bidan mesti profesional. Kualitas pelayanan mesti yang terbaik agar generasi baru bertumbuh sehat sejak dari dalam kandungan ibu sehingga produktif dikemudian hari,” tegas Domita.

Selain itu, profesional seorang bidan perlu diwujudkan dalam tugas dan karya nyata membangun kesehatan warga dengan memberikan pendampingan dan pelayanan yang terbaik bagi warga sehingga dapat menghasilkan generasi yang sehat, berkualitas dan produktif.

Baca Juga :  TERKINI MENUJU KABUPATEN KUPANG 2018-2023

Untuk membina dan meningkatkan kualitas pelayanan Bidan dibutuhkan wadah atau organisasi. Dan pada hari ini
Sebanyak 320 bidan yang terhimpun dalam Ikatan Bidan Indonesia (IBI) selain pengambilan dumpah/janji profesi juga kegiatan Musyawara Cabang (Muscab) IBI untuk memilih Ketua DPC IBI Kabupaten Kupang.

Sebagai Organisasi, IBI terus berbenah diri menjadi wadah untuk kepentingan anggotanya. Tujuannya jelas yakni membantu pemerintah di dalam pembangunan nasional, khususnya dalam pelayanan kesehatan warga.

Pelayanan kebidanan memegang peranan penting di dalam pembangunan nasional. Angka kematian Ibu dan anak merupakan indikator derajat kesehatan suatu bangsa.

Baca Juga :  Polres Sumba Barat Sektor Mamboro Meminta Kerja Sama Yang Baik Dari Keluarga Untuk Mengungkap Kasus Keterangan Palsu

Saat ini kita dihadapkan dengan hot issue yakni stunting. Stunting, menurutnya, itu tidak terjadi tiba-tiba tetapi melalui suatu proses yang panjang dan ini perlu penanganan semua sektor.

“Dalam proses itulah seorang bidan dituntut untuk mempersiapkan seorang remaja untuk menjadi seorang ibu hamil yang sehat. Disinilah profesional seorang bidan diuji dalam menjalankan perannya”, pungkas Domita (YB)

Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment