Pangdam IX/Udayana Lakukan Dialog Bersama Masyarakat di Desa Kainoni Kupang

Dibaca 154 kali Reporter : */GL verified

KUPANG, faktahukumntt.com – 4 Januari 2022

*Penerangan161* Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M. S.c., didampingi oleh Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Iman Budiman, S. E., bersama Aslog Kasdam IX/Udy, Aster Kasdam IX/Udy, Waaslog Kasdam IX/Udy, Kasrem 161/Wira Sakti, para Kasi Kasrem 161/WS, Dandim 1604/Kupang, Dan/Kabalak Aju Kodam IX/Udayana dan Danramil 1604-01/Kupang tiba di Dusun II Baumata Timur, Kec.Taebenu, Kampung Manefu RT.07 RW. 04 Kabupaten Kupang pada Pukul 10:15 Wita yang disambut oleh Tokoh Adat dan Tokoh Agama, diawali dengan ucapan sapaan adat Natoni dilanjutkan pemakaian kain adat oleh tua adat setempat selanjutnya menuju tenda dekat bak air “Negara Hadir Untuk Rakyat”, Senin (03/01/2022).

Kegiatan berlanjut dialog dengan masyarakat di Desa Kainoni dan diawali oleh Tokoh Masyarakat Bapak Tomas Nuban dengan ucapan, “terimakasih kepada Bapak Pangdam IX/Udayana atas bantuan Pompa Hidram karena hidup kami sebelum ada bantuan ini (Pompa Hidram) kami masyarakat Desa Humata Timur Dusun II RT 08 RT 07 kalau bicara tentang air bersih ini adalah salah satu kebutuhan kita. Kalau lapar kita bertahan tapi tidak minum air kalau haus tidak tahan, oleh karena itu bertahun-tahun kami pikul air ± 1 km setiap pagi setiap sore, kalau bisa dikatakan kami mandi itu dua hari 1 kali mandi sungguh susah sekali air. Kadangkala anak kami pikul air sampai bengkok bahunya tapi karena berkat pertolongan Tuhan lewat Bapak Pangdam IX/Udayana dengan ikhlas boleh membantu kami dengan 24 jam yang saat ini sudah ada Bak air. Kami sempat berpikir cuma pompanya saja tetapi 2 minggu kemudian dibangunkan bak nya juga, masyarakat sangat antusias dan kami kerja sampai 4 bulan tanpa adanya hambatan dan tantangan adalah berkat Tuhan menyertai kami dan kami yakin bahwa bantuan Bapak Pangdam begitu besar. Kemudian, terimakasih juga kepada Bapak Danrem 161/WS yang bersedia hadir dan Bapak Dandim 1604/Kupang serta Bapak Danramil beserta Babinsa 01/Kupang, saya atas nama Masyarakat menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya. Kami tidak punya bintang, emas, perak ataupun berlian apapun untuk membalas bantuan Bapak tapi kami selalu dan senantiasa berdo’a semoga Tuhan senantiasa menyertai dalam tugas atas pengabdian bapak dan selalu sukses dalam tugas”, ungkap Bapak Thomas.

“Dilanjutkan dengan penyampaian Kepala Desa Kainoni Bapak Melkisedek Humau, S. H., menyampaikan bahwa “masyarakat Desa Baumata Timur sangat berterimaksih dan bersyukur karena dengan adanya bantuan Pompa Hidram, dulunya masyarakat saya yang harus ambil airnya menempuh jarak sampai 1 km dengan menggunakan ember atau jerigen ternyata dengan adanya Pompa Hidram ini masyarakat tidak lagi mengalami kesulitan mengambil air. Kami bersama Pemerintah dan masyarakat mengucapkan terimakasih kepada Bapak Pangdam IX/Udayana yang sudah berkenan memberikan bantuan Pompa Hidram bagi masyarakat Desa Kainoni”, ujar kepala Desa.

Baca Juga :  Pendidikan Berkarakter Kristus Mesti Jadi Landasan Pembangunan Gedung Gereja

Ditempat yang sama Bapak Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc., menyampaikan, “pada intinya Pemerintah itu menginginkan masyarakatnya maju, jadi memang yang mengerjakan Pompa Hidram ini masih TNI-AD baru Kodam IX/Udayana sementara Kodam lainnya belum. Sewaktu kita berdiskusi mengenai ide untuk mencoba Pompa Hidram ini kita mencoba berulang kali akhirnya berjalan baik maka kita mencoba mengerjakan sebanyak mungkin dan mengajak pemerintah juga, sehingga Pemerintah sangat akan mendukung Pompa Hidram ini dalam pengadaan air bersih. Jadi banyak berita yang disibukkan dengan Covid-19, sehingga banyak dana-dana habis dipersoalkan hal tersebut. Mudah-mudahan kedepannya bisa semua Pompa, makanya selalu dengar apa yang disampaikan oleh Pemerintah dari TNI bagaimana kehidupan sehari-hari supaya diikuti sehingga nanti ada dananya. Sebenarnya dana ini belum cukup buat Desa dan perlu ada penambahan lagi untuk kedepannya”.

Sumber : Penrem
Selanjutnya
Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment