PASMAR 3 GELAR APEL ORGANIK DAN SATGAS PAM PULAU TERLUAR, SERTA PENYIAPAN SATGAS LUAR NEGERI

Dibaca 286 kali

Faktahukumntt.com – Sorong, Pasmar 3 melaksanakan gelar Apel Organik dan Satgas Pam Pulau Terluar, serta penyiapan Satgas Luar Negeri. Brigadir Jenderal TNI (Mar) Amir Faisol, S.Sos.,M.M. memimpin secara langsung apel gelar organik, gelar kesiapan Satuan Tugas Marinir (Satgasmar) Pam Puter XXIII Tahun 2019, serta gelar penyiapan satgas luar negeri dijajaran Pasmar 3, bertempat di lapangan Mako Brigif-3 Mar Katapop, Distrik Salawati, Kab. Sorong, Papua Barat. Senin (14/10/2019)

Apel gelar ini bertujuan untuk mengecek kesiapan tempur prajurit dijajarannya, lebih khusus di jajaran pasmar 3. baik personel maupun material dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi perkembangan situasi keamanan di wilayah timur papua barat khususnya di kota sorong dan kabupaten sorong untuk menjelang pelantikan Presiden Republik Indonesia tanggal 20 Oktober 2019.

Baca Juga :  SOSIALISASI KEBERADAAN ORMAS, YAYASAN DAN LSM BAGI MASYARAKAT TINGKAT KOTA KUPANG

Pengecekan terakhir sebelum pelaksanaan latihan TW. III TA. 2019 dan pemberangkatan prajurit Pasmar 3 yang akan melaksanakan pengamanan pulau terluar (Pam Puter XXIII) maupun seleksi satgas luar negeri,apel kesiapan tersebut di ikuti sekitar 500 personil dari pasmar 3,sedangkan utk Satgas PAM puter sebanyak 20 orang dan satgas PAM luar negeri sebanyak 24 orang.
Dalam amanatnya, orang nomor satu dijajaran Pasmar 3 tersebut menyampaikan agar seluruh prajurit selalu siap menghadapi tantangan tugas kedepan yang semakin berat dan kompleks.

Komandan Pasmar 3 juga menekankan kepada prajurit Satgasmar Pam Puter XXIII untuk melaksanakan tugas dan kepercayaan dengan penuh tanggung jawab mengingat Operasi Pengamanan Pulau Terluar merupakan mata telinga bagi keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), selain itu Komandan Pasmar 3 juga berpesan agar selalu menjaga nama baik satuan dan menjalankan segala tindakan yang diambil sesuai SOP ( Standart Operasional Prosedur ) dalam penanganan masalah.

Baca Juga :  KETUA DPRD NTT: HIJRIAH DAN PILKADA NTT

Satgasmar Pam Puter XXIII rencana di berangkatkan minggu ke IV di bulan Oktober 2019 dan menempati Pulau Brass Kabupaten Supiori yang terletak di Samudera Pasifik utara Kota Manokwari. Sedangkan pesan kepada prajurit yang terlibat dalam seleksi satgas luar negeri untuk menyiapkan segala materi yang akan diujikan dengan baik, karena satgas luar negeri misi perdamaian dunia dibawah bendera dewan keamanan PBB merupakan salah satu tugas diplomasi TNI Angkatan Laut dalam rangka mendukung kebijakan politik luar negeri bebas-aktif.. Adapun materi yang akan diujikan adalah Urikes, kesamaptaan serta kemampuan perorangan (Bahasa inggris, Komputer dan mengemudi).

Kegiatan apel gelar organik dan gelar kesiapan secara rutin dilaksanakan oleh Pasmar 3 dalam kesiapsiagaan melaksanakan tugas Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Turut hadir dalam kegiatan tersebut para Asisten Danpasmar 3, para Dankolak dan Dansatlak Pasmar 3, serta seluruh prajurit jajaran Pasmar 3 yg ada di kabupaten sorong provinsi papua barat.(timo)

Baca Juga :  Sistem Pendataan Penduduk Secara Online Akan Diberlakukan 2020
Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment