Pembentukan Badan Pengurus ORGANDA Tingkat Kabupaten Kupang

Dibaca 354 kali

Faktahukum NTT.com – Oelamasi, Sebagai organisasi yang terbuka dan independen serta non partisan diharapkan dengan adanya ORGANDA di Kabupaten Kupang ini tetap memposisikan diri sebagai pelaku ekonomi yang dalam aplikasi programnya akan berperan sebagai mitra pemerintah daerah di sektor perhubungan.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe pada kegiatan temu wicara pengelola angkutan umum guna meningkatkan keselamatan penumpang, kamis 17 Oktober 2019, bertempat di Dinas Perhubungan Kab. Kupang.

Ada pun tema kegiatan ini yakni melalui temu wicara pengelola angkutan umum, kita tingkatkan pelayanan angkutan umum di kab. Kupang, kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 17 — 18 Okt 2019 dengan menghadirkan Narasumber dari Dinas Perhubungan Prov NTT,  DPD Organda Prov. NTT, PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang NTT. Peserta terdiri dari para perwakilan pengusaha angkutan bermotor di jalan raya yaitu 24 kecamatan se-Kab. Kupang.Hadir pula Ketua DPRD Kab.Kupang, Kapolres Kupang yang diwakili Kasat Lantas Polres Kupang, Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Kupang.

Jerry Manafe mengharapkan dengan terbentuknya ORGANDA di Kab.Kupang ini akan tetap konsisten melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai wadah untuk memperjuangkan dan menyalurkan aspirasi anggota, wadah pembinaan dan pengembangan usaha angkutan dan sebagai wadah peran serta dalam usaha pembangunan daerah khususnya sub sektor transportasi darat.

Baca Juga :  BUPATI KUPANG, AKSI NYATA TINGKATKAN PAD

Dirinya juga mengharapkan agar program kerja yang nantinya akan ditetapkan setelah terbentuknya Badan Pengurus Daerah di Kab. Kupang periode 2019-2024 adalah program yang realistis dan bisa menjawab kebutuhan daerah ini diantaranya masalah penetapan tarif angkutan oleh pemerintah yang belum sinkron antar moda maupun intermoda khususnya angkutan desa dan angkutan lainnya di wilayah kab. Kupang. Ada juga masalah ijin trayek, masalah BBM, Sparepart dll.

Tegas Jerry, sebaik apapun program yang ditetapkan dalam keputusan-keputusan yang akan dihasilkan di kab. Kupang sangat ditentukan oleh pembentukan kepengurusan yang akan kita bentuk saat ini.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Resmikan Tol Depok-Antasari Seksi I

Jerry juga mengajak agar para peserta aktif berdialog untuk menambah pengetahuan dan wawasan yang berguna untuk kemajuan pembentukan ORGANDA di Kab. Kupang. Jerry juga mengharapkan agar setelah terbentuknya badan pengurus ini jangan saja terbentuk lalu tidur, harus ada aktifitas yang dinamis. Jikalau para pengurus proaktif maka akan berdampak pada masyarakat luas.

Jerry menerangkan bahwa para ASN kab. Kupang kebanyakan berdomisili di kota Kupang untuk itu ORGANDA bisa memikirkan langkah cepat dengan cara bangun kerjasama dengan DAMRI atau angkutan umum lainnya, agar bisa ditumpangi para pegawai yang hendak pergi pulang kantor. Selain itu, tambah Jerry, bisa manfaatkan layanan Grab yang memberi kemudahan saat bepergian kepada masyarakat Kab. Kupang.

Baca Juga :  Kasat Reskrim Polres TTS Anjurkan Serikat Pers Reformasi Nasional Penuhi Legalitas Untuk Melaksanakan Kegiatan

“Saya menginginkan agar ORGANDA kab. Kupang lebih banyak berpikir hal menarik yang bisa mendapatkan uang, untuk itu rencanakan tugas sebaik mungkin, cari investor, minta petunjuk dan tak lupa selalu libatkan pikiran dari ORGANDA Provinsi dan instansi teknis yang terkait di dalamnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment