Penandatanganan kesepakatan Sinergitas antara KAD Anti Korupsi NTT  dan INKINDO Kota Kupang

Dibaca 248 kali

Faktahukumntt.com – Kota Kupang

[dropcap]P[/dropcap]enandatanganan Kesepakatan Sinergitas antara Komite Advokasi Daerah (KAD) anti korupsi Nusa Tenggara Timur dengan Inkindo Kota Kupang tentang kerjasama dalam upaya pencegahan korupsi di Ruang Rapat Garuda Kantor Wali Kota Kupang, Jumat (25/10).

KAD Nusa Tenggara Timur merupakan lembaga yang diinisiasi, dibentuk, difasilitasi dan diawasi kegiatannya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menjadi suatu forum komunikasi antara regulator dan pelaku usaha dalam upaya pencegahan korupsi sektor swasta maupun Pemerintah yang membahas dan menghasilkan rekomendasi dan rencana aksi. KPK sebagai inisiator berperan memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan dan arahan konsep kegiatan awal dibentuknya KAD Nusa Tenggara Timur. Tujuan dari kesepakatan sinergitas ini adalah agar para pihak dapat berkoordinasi dan saling bekerja sama dalam upaya pencegahan tindak pidana korupsi secara efektif dan efisien sesuai kewenagan dan kapasitas masing-masing sebagaimana yang telah ditentukan undang-undang.

Baca Juga :  Ketua FORKOMWIL PUSPA NTT Ungkap Fakta Dibalik Regulasi Perlindungan Anak

Inspektur pada Inspektorat Daerah Kota Kupang,Drs. Jewarus Alex berkesempatan untuk membuka secara langsung penandatanganan kesepakatan sinergitas, menurutnya dalam proses pengadaan barang dan jasa itu mengacu pada perpres dengan turunannya beberapa aturan ikutannya dan terakhir itu aturan perwali tentang Harga Perkiraan Sendiri (HPS). “HPS ini seharusnya secara umum sudah didaftarkan didalam HPS itu sendiri tetapi itu harus diikuti dengan peraturan Wali Kota Kupang tentang harga hitung”,  ungkap Drs. Jewarus Alex.

Friet O. Y. Angi sebagai Ketua Komite Advokasi Daerah Anti Korupsi Nusa Tenggara Timur menegaskan bahwa kewenangan KAD hanya sebatas pada upaya pencegahan korupsi dan bukan pada penindakan yang berfokuskan pada sektor pengadaan barang dan jasa.

Baca Juga :  Atasi Persoalan Adminduk Bermasalah, Dukcapil Kota Kupang Siapkan Layanan e-KTP Langsung Jadi

“Kegiatan ini pertama kali diadakan pada 29 Agustus 2018, kerjasama antara KAD dengan KPK melakukan kegiatan sosialisasi pertama di tingkat provinsi sekaligus dengan diskusi tentang pengadaan barang dan jasa. Kegiatan ini akan dilakukan di setiap kabupaten dan Kota Kupang, filosofi pencegahan ini dilakukan lebih dini agar lebih banyak anggaran yang terselamatkan  dan Kami berharap agar ada niat baik dari pemerintah untuk melakukan pencegahan korupsi  melalui KAD” sambut Friet O. Y. Angi.

Turut hadir Inspektur Inspektorat Kota Kupang, Drs. Jewarus Alex, Ketua Komite Advokasi Daerah anti korupsi Nusa Tenggara Timur, Friet O. Y. Angi, Ketua Takonas Kota Kupang, Stephanus Ola Demon, ST, MT, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Privinsi Nusa Tenggara Timur, Sipri Kelen, S.Sos, Ketua Inkindo Kota Kupang, Ir. Tanto E.H. Sunukmo, Ketua Lembaga Pengadaan Jasa Konstruksi Nusa Tenggara Timur, Ir. Paul Tanggela, M.Si, Kasie Intel Kejaksaan Negeri Kota Kupang, Kristo Manata, SH, Pimpinan Perangkat Daerah serta Camat dan Lurah Lingkup Pemerintah Kota Kupang. (Humas)

Baca Juga :  Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres TTS Konsisten Berikan Pelayanan Prima

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment