Pengembangan SDM dan Profesionalisme Bidang Pariwisata Pelatihan Kriya (Batu Akik)

Dibaca 211 kali

Faktahukumntt.com – KOTA KUPANG

Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Pariwisata menggelar kegiatan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Profesionalisme Bidang Pariwisata (Pelatihan Kriya) yang berlangsung di Aula SMKN 4 Kupang, Selasa (10/3).

Turut Hadir pada pembukaan kegiatan tersebut Kepala Dinas Pariwisata Kota Kupang Yanuar Dally, SH, M.Si, Anggota DPRD Kota Kupang Mokrianus Lay, Narasumber I Ketut Krisna Widjaya, serta para peserta.

Usaha Kriya merupakan salah satu usaha ekonomi kreatif dari 16 (enam belas) sub sektor ekonomi kreatif di bidang kepariwisataan. Dan salah satu usaha Kriya adalah usaha batu dalam hal ini perhiasan batu akik. Perhiasan batu Akik menjadi pelengkap perhiasan dan kecantikan baik pria maupun wanita. Usaha batu akik yang kini mulai redup tidak lagi menjadi incaran masyarakat.

Baca Juga :  IPSI Kota Kupang Gelar Pelatihan Pelatih dan Wasit

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Pariwisata ingin memberdayakan kegiatan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Profesionalisme Bidang Pariwisata (Pelatihan Kriya) dan menitikberatkan pada para pelaku usaha kriya batu akik.
Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dra. Maria B. Fenandez mengatakan kegiatan ini di harapkan dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam program pengembangan sumber daya manusia dan profesionalisme bidang pariwisata khususnya kriya batu akik serta memberdayakan pelaku usaha kriya khususnya batu akik yang ada agar terus menekuni keahliannya.

Sementara itu dalam sambutan Wali Kota Kupang yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Kupang Yanuar Dally, SH, M.Si menyampaikan “kita patut bersyukur pada Tuhan pada hari ini kita berkumpul disni untk menginkuti suatu kegiatan yg secara langsung berhubugan dengan pengembangan pariwisata di daerah ini.

Baca Juga :  Update Harian Data Monitor Covid-19 di Kota Kupang

Kedepannya diharapkan setelah ini ada ketrampilan kemudian menjadi suatu komunitas dan menjadi suatu ajang untuk meningkatkan ekonomi dari teman teman yg merupakan pegiat dari pengarijan Kriya batu di kota ini. Pariwisata itu akan menjadi berati apabila ada dampak langsung dari pendapatan masyarakat yang muara adalah peningkatan Pendapatan Daerah, oleh karena itu sejalan dengan kebijakan Gubernur NTT bahwa pariwisata merupakan penggerak utama dari pada perekonomian dan untuk mendorong peningkatan ekonomi kreatif di daerah ini.

Dengan demikian kegiatan ini untuk menyiapkan potensi yang ada di daerah kita baik Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Alam yang ada untuk sama-sama maju bukan untuk pemerintah tapi mayarkat juga harus maju untuk kesejahteraan yang merata.

Baca Juga :  TMMD, WUJUD BHAKTI TNI BAGI MASYARAKAT KABUPATEN KUPANG

Momentum ini  harap digunakan dengan baik dan bertanggung jawab dan pemerintah menyampaikan terima kasih sudah berkenan hadir dalam Kegiatan yang luar biasa ini, semoga Kegiatan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Profesionalisme Bidang Pariwisata Pelatihan Kriya (Batu Akik) ini bermanfaat bagi kita semua”.

Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 10 – 12 Maret 2020 dengan Jumlah peserta sebanyak yaitu 20 orang yang terdiri dari para pelaku usaha Kriya yang ada di Kota Kupang. (PKP/hms_jm)

Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment