Pidato Lengkap Bupati Kabupaten Kupang, Korinus Masneneo

Dibaca 491 kali

(Teks Pidato Lengkap Bupati Kabupaten Kupang, Korinus Masneneo pada Perayaan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia)

Faktahukumntt.com., Oelmasi (NTT) — Mengawali sambutan ini, saya mengajak kita semua yang hadir ditempat ini dan seluruh masyarakat Kabupaten Kupang untuk bersyukur kepada Tuhan yang Mahakuasa yang telah memberkati kita sehingga hari ini kita masih bisa merayakan Hari Kemerdekaan RI yang ke-74, ini meupakan suatu berkat yang terukur nilainya untuk kita nikmati dan syukur.

Penting bagi kita semua untuk kembali berintropeksi setiap kali kita merayakan detik-detik proklamasi 17 Agustus 1945, Mari kita bertanya pada diri kita masing-masing, Apakah semua pikiran dan hati kita telah berubah menjadi lebih bijak dan berhikmah untuk memahami cita-cita proklamasi serta prinsip-prinsip menuju cita-cita tersebut? Suatu pertanyaan yang mudah dijawab, namun sangat sulit dilaksanakan, mengingat sampai hari ini, cita-cita proklamasi kemerdekaan masih terus diperjuangkan oleh seluruh anak Negeri ini. Untuk memqujudkan suatu masyarakat yang adil dan makmur, yang merata material dan spiritual berdasarkan Pancasila, diperlukan suasana yang Aman, tertib dan dinamis.

Hadirin dan segenap Masyarakat Kabupaten Kupang yang Saya hormati.

Cita-cita proklamasi dalam konteks kekinian, bermakna bagaimana kita mengisi dan mempertahankan kemerdekaan. Mari kita bersama memaknai posisi dan peran kita masing-masing antara lain:

Pertama, untuk mensinergikan seluruh pemangku kepentingan bangsa,  yaitu pemerintah, dunia usaha dan masyarakat untuk menjadi sebuah tim yang solid dalam menata ulang kelembagaan pemerintah, membangun organisasi sesuai kebutuhan dan tuntutan publik. Kedua, meredefini visi, misi, peran, strategi, implementasi, dan evaluasi kelembagaan pemerintah. Ketiga, Mengoptimalisasi peran dan posisi kita semua dalam wadah NKRI. Posisi dan peran adalah dua kata yang menarik bagi setiap warga. Tetapi lebih menarik lagi untuk disegarkan kembali dalam ingatan kita, sebab biasanya yang meliputi pikiran kita adalah hak yang mengambil porsi paling besar dibandingkan dengan kewajiban. Begitu tahu kita menduduki sebuah posisi tertentu biasanya dalam bayangan kita hak apa yang akan kita peroleh. Hal ini dapat dimaklumi, tetapi hendaklah pikiran itu diimbangi dengan keinginan dan tekad kuat untuk berprestasi dalam posisi tersebut.

Kita sering lalai terhadap tujuan dan prinsip yang sudah disepakati. Hanya tahu bahwa potensi alam Ita cukup kaya, tetapi tidak tahu bagaimana upaya untuk memberdayakan dan mengembangkannya, Nilai-nilai budaya yang tinggi hanya dijadikan kebanggaan tetapi tidak diamalkan. Semangat reformasi tidak diawali dengan evaluasi yang cermat tentang yang baik dan yang buruk dari masa lalu, seharusnya yang baik dikembangkan terus dan yang buruk diperbaiki atau diganti dengan yang lebih baik.

Kita harus memahami bahwa dunia selalu berkembang. Pengetahuan manusia pun terus bertambah, orang-orang pintar makin banyak. Tetapi yang pasti kehidupan saat ini menuntut kita untuk bersikap selektif, efektif dan efisien dalam segala aspek kehidupan. Pilihan kehidupan semakin banyak sehingga jika tidak tepat bersikap kita akan terseret oleh arus zaman. Dulu para orang bijak menganjurkan agar kita bekerja keras kalau kita ingin sukses. Namun kondisi kekinian mengharuskan kita untuk tidak hanya bekerja keras, tetapi juga harus bekerja cerdas.

Rakyat perlu motivasi untuk mencapai tujuan dari cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945, rakyat perlu pencerahan dari berbagai maslah. Kita harus mempunyai program jangka panjang, program jangka menengah lima tahunan serta program jangka pendek satu tahunan. Kita harus memberdayakan rakyat agar mereka mampu mengembangkan potensi dan peluang yang ada, sehingga sebelum tahun 2025 kabupaten Kupang telah siap menjadi daerah yang maju, mandiri dan sejahtera.

Baca Juga :  “KOMITMEN” Mengabdi pada Rakyat Kabupaten Kupang

Hadirin dan segenap masyarakat Kabupaten Kupang yang saya hormati.

“SDM UNGGUL, INDONESIA MAJU” ditetapkan menjadi tema HUT ke-74 Kemerdekaan RI tahun 2019. Tema yang selaras dengan visi Kabupaten Kupang tahun 2019 – 2024. Visi yang mulanya menjadi Visi saya dan Pak Jerry Manafe saat mengikuti Kontetasi pemilukada Kabipaten Kupang Tahun 2018, yang kini telah bertranformasi menjadi Visi Kabupaten Kupang.

Tema kemerdekaan tahun ini memberikan kita semangat. Semangat untuk menghadirkan generasi pembelajar, generasi sehat, generasi inovatif dalam upaya mewujudkan fokus pembangunan menuju Kabupaten maju. SDM UNGGUL memiliki dua pengertian secara leksikal. Pertama, SDM UNGGUL dalam kata sifat, yang dapat diartikan sebagai SDM yang lebih dari yang lainnya. Kedua, SDM UNGGUL dalam kata kerja dapat juga diartikan sebagai SDM yang berhasil menempatkannya sebagi pemenang dalam segala aspek persaingan.

Kita juga boleh memaknai SDM unggul di Kabupaten Kupang sebagai keadaan yang menunjukkan kabupaten Kupang yang kualitas sumber daya manusianya telah sejajar dengan daerah maju lainnya.

Indonesia harus maju sekarang, kabupaten Kupang pun harus maju sekarang. Majunya kabupaten Kupang ditentukan oleh berkembangnya berbagai indikator pembangunan dalam kurun waktu lima tahun ke depan. IPM Kabupaten Kupang harus mampu bergerak mendekati daerah maju lainnya di Indonesia. Persentase penduduk miskin harus berhasil ditekan sehingga berada pada kisaran di bawa 15 persen. Nilai daya saing infrastrukrur Kabupaten Kupang harus mampu ditingkatkan untuk menjadi jembatan utama menuju SDM unggul dan memajukan masyarakat kabupaten yang kita cintai ini.

Hadirin dan segenap masyarakat Kabupaten Kupang yang saya hormati;

Di Kabupaten kupang, sejak kepemimpinan kami, saya dan Pak Jerry Manafe, akan melaksanakan berbagai program pembangunan daerah yang diarahkan untuk merealisasikan Visi Kabupaten Kupang tahun 2019 – 2024 yaitu: “Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Kupang Yang Maju, Mandiri dan Sejahtera”. Melalui Visi ini kita akan bersama menjadikan kabupaten Kupang berada pada kondisi maju. Setelah maju, kondisi masyarakat akan diarahkan menjadi mandiri dan kemandirian masyarakat akan ditunjang dengan pelayanan publik dan pembangunan infrastruktur akan menjadi dasar menuju masyarakat sejahtera.

Kita telah mempersiapkan prioritas-prioritas pembangunan Kabupaten Kupang tahun 2019-2024. Prioritas tersebut merupakan bagian penting dari RPJMD yang akan kita jadikan rujukan pembangunan didaerah ini. Seluruh pelaksanaannya akan difokuskan pada lima fokus utama,yaitu:

  1. Fokus pembangunan pertama adalah internalisasi fungsional pemanfaatan potensi unggulan daerah. Target utama fokus ini adalah tercovernya seluruh data potensi daerah berbasis gis yang dapat diakses secara elektronik. Data-data tersebut menjadi rujukan penentuan target pembangunan yang terarah, fokus dan akuntabel. Seluruh target pembangunan ditetapkan dengan basis data yang akurat. Semua output kegiatan OPD akan terevaluasi langsung oleh masyarakat. Masyarakat dapat memberikan input kepada kita bila mana terdapat kegiatan OPD yang tidak tepat sasaran. Masyarakat kita memberi kesempatan yang sebesar-besarnya untuk berpatisipasi aktif mengawal pembangunan di Kabupaten Kupang.
  2. Fokus pembangunan kedua yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia menuju Kupang maju. Fokus ini diutamakan untuk memajukan kualitas sumber daya manusia masyarakat melalui penyediaan infrastruktur dasar yang berkualitas. Pembanguna Infrastruktur tersebut akan diupayakan sejalan dengan skema pembangunan inklusif, perspektif gender dan pengentasan kemiskinan. IPM Kabupaten Kupang perlu di tingkatkan . seluruh Variabel pendidikan dan kesehatan dalam IPM diupayakan berjalan optimal.
  3. Fokus pembangunan ketiga adalah percepatan pertumbuhan ekonomi berbasis ekonomi kerakyatan menuju Kabupaten Kupang mandiri. Prioritas fokus ini adalah peningkatan produktifitas daerah yang simultan dengan meningkatnya pendapat perkapita. Sektor-sektor unggulan di daerah akan dimaksimalkan realisasinya sehingga mampu berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah.
  4. Fokus pembangunan ke empat adalah peningkatan kualitas kesejahteraan masyarakat dan daya saing daerah menuju Kupang sejahtera. Prioritas pembangunan diupayakan untuk memenuhi ekspektasi layanan publik yang prima pada setiap jenjang pemerintahan. Kesenjangan antar wilayah dan antar mayarakat sedapt mungkin dikurangi.
  5. Fokus pembangunan kelima adalah pemantapan pencapaian Kupang maju, Kupang mandiri dan Kupang sejahtera. Fokus ini berorientasi pada peningkatan kinerja birokrasi yang mentalnya telah direformasi. Tidak ada lagi, aparatur sipil negara yang kinerjanya dibawah standar. Buang jauh-jauh image PNS dan birokrasi sebagai tuan. Kita adalah pelayan. Kita bekerja untuk melayani masyarakat. Kita butuh aparatur yang berkualifikasi tinggi dan berkompentensi sesuai dengan kebutuhan jabatannya masing-masing.
Baca Juga :  Bupati Kupang Minta Para-Kades Bekerja Keras Membangun Desa

Fokus-fokus yang sudah disampaikan tadi dapat terealisasi dengan satu tekad, satu semnagat, dan satu gerakan. Revolusi “5P” adalah pilihannya. Revolusi “5P” akan berfungsi sebagai lokomotif yang mampu padu padankan seluruh tekad, semangat dan gerakan masyarakat di daerah ini.

Revolusi “5P” merupakan syarat utama bangkitnya Kabupaten Kupang dari keterpurukan hingga jadi daerah yang maju. Dengan revolusi “5P” pengelolaan sumber daya alam akan dikerjakan ole sumber daya manusia yang memiliki semngat dan keyakinan yang tinggi, ditopang dengan konsep pembangunan yang realistis, melalui proses yang terbuka dan melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Dengan demikian cita-cita Kabupaten Kupang maju, mandiri dan sejahtera niscaya menjadi sebuah realita.

Kami telah menetapkan pembangunan ekonomi sebagai program prioritas kerja pemerintah tahun 2020 dalam mendorong percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa. Tahun 2020 akan dijadikan tahun pengembangan investasi di Kabupaten Kupang, karena alokasi dana desa yang dialokasikan pemerintah pusat sangat besar kedaerah ini.

Setiap tahun dana desa terus bertambah sehingga harus memberi manfaat bagi pembanguna ekonomi mayarakat di daerah ini. Investasi yang dilakukan bukan dilaksanakan investor besar, namun dilakukan mayarakat desa dengan memanfaatkan berbagai potensi ekonomi di desa. Modal usahanya sudah dialokasikan pemerintah melalui dana desa. Bahkan lembaga badan usaha milik desa {BUMDES} juga sudah dibentuk disemua desa sehingga harus dimanfaatkan. Kita tidak ingin niat baik pemerintah menjadi mubajir karena tidak cermat dalam pengelolaan dana desa yang begitu besar. Dana desa tahun 2019 sebesar 165 milyar rupiah. Angka ini naik sekitar 30 Milyar dari tahun 2018 yang hanya mencapai 135 milyar rupiah. Dana sebesar ini harus mampu terealisasi dan dikelola dengan baik. Semua kepala desa harus mempedomani RPJMD Kabupaten Kupang tahun 2019-2024. Seluruh targat-target yang pencapaiannya membutuhkan kolaborasi pembiayaan mesti diatur dalam RPJM desa dan RKP desa. Kita perlu kerjasama. Dengan pola kerjasama, persoalan keterbatasan anggaran didaerah ini mampu diatasi.

Baca Juga :  THOMAS DAGANG : ANEH MASA KAMI DIANGGAP BERTANGGUNGJAWAB ATAS INSIDEN TERSEBUT.

Kita satukan tekad jadikan Kabupaten Kupang sebagai laboratorium penyelenggaraan pemerintahan desa yang terintegrasi dan bersinergis dengan pemerintahan daerah. Bersama kita wujudkan dua konsep besar pembangunan desa yaitu, desa membangu dan membangun desa.

Melalui kesempatan ini,terimakasih kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Kupang periode tahun 2019-2024,yang telah bekerja dengan serius dan bersinergi dalam penyelanggaraan pemerintah di Kabupaten Kupang sampai saat ini.

Proviciat juga kepada 40 anggota DPRD terpilih yang pada tanggal 9 september nanti akan diangkat sumpahnya. Kita berharap akan tercipta komunikasi dan kerja sama yang baik antara pemerintah dan DPRD Kabupaten Kupang periode 2019 sampai dengan Tahun 2024 nanti.

Kepada Bapak Ketua Pengadilan Negeri Oelmasi dan Jajarannya yang telah menjalankan tugasnya memberikan kepastian hukum secara adil dan bijaksana dalam setiap perkara-perkara hukum yang terjadi di Kabupaten Kupang dan yang menimpa masyarakat Kabupaten Kupang.

Terima kasih juga kepada Bapak Kajari Oelmasi dan Jajarannya, yang dengan tulus memberikan advice hukum bagi Pemerintah Kabupaten Kupang atas berbagai kebijakkan yang dirancang untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Kupang.

Kepada Bapak Kapolres dan jajarannya, kepada Bapak Dandim 104 Kupang dan jajarannya dan seluruh Komdan satuan TNI, baik angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara yang ada di wilayah Kabupaten Kupang, yang sudah mengarahkan daya upayanya memberikan rasa aman dan tertib bagi kita semua selama ini.

Kepada para Kepala Desa bersama perangkatnya, Ketua dan Anggota BPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan tokoh Adat, secara tulus saua ucapkan terima kasih untuk seluruh pengabdiannya memberikan pelayanan dan pemahaman program prioritas daerah di Wilayahnya.

Saya yakin, semua kita berkomitmen meletakkan demokrasi yang beradab, yang menjunjung tinggi kepribadian dan martabat kita sebagai manusia yang beriman, yang akan membawa Kabupaten Kupang menjadi daerah maju, mandiri dan sejahtera, yang tidak ada satu pun rakyatnya tertinggi, untuk meraih cita-citanya.

Terakhir, melalui kesempatan yang terhormat ini, saya selaku Bupati Kupang, mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kupang agar selalu menjaga optimisme, selalu saling berbagi, berani membuat terobosan, dan selalu mengejar prestasi secara bergotong royong.

Dengan keyakinan kerja-kerja besar yang kita lakukan menjadi doa bersama kita, menjadi ibadah kita, menjadi prestasi daerah, dan menghadirkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Kupang.

Ini bukannya tentang aku, atau kamu, juga bukan tentang kami, atau mereka, bukan soal barat, atau timur, juga bukan selatan atau utara. Sekarang bukan saatnya memikirkan itu semua. Tapi ini saatnya memikirkan tentang daerah kita bersama. Jangan pernah ragu untuk maju, karena kita mampu jika kita bersatu.

#DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA!

Biarkan kami memandang gebyar merah putihmu,                Disana dan di dalam dada kami masih tersisa api            Perjuangan yang tak kunjung padam.

#DIRGAHAYU NEGERI PANCASILA

Sebait singkat dalam setiap selamu…                                 Memiliki makna luas berilmu…                                                Hari-hariku yang dipenuhi bait dalam silamu..                             Di penuhi indah oleh norma penyejuk jiwaku..

Oelmasi, 17 Agustus 2019                                                  Bupati Kabupaten Kupang

Korinus Masneno

Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment