PKD Mapala NTT Salurkan Bantuan Untuk Korban Bencana di Lembata

Dibaca 507 kali Reporter : Yurgo Purab verified

Faktahukumntt.com, Lembata-22 April 2021

Pusat Koordinasi Daerah (PKD) Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) se-NTT dengan posko utama sekretariat Mapala Universitas Nusa Nipa (UNIPA) Maumere bekerja sama dengan Mapala seluruh Indonesia telah menyalurkan bantuan kepada korban banjir bandang dan longsor lahar dingin gunung Ile Lewotolok di Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata.

“kami dari PKD Mapala NTT yang berpusat di UNIPA Maumere membantu sesama saudara di Lembata yang terdampak bencana banjir dan longsor. Bantuan ini merupakan solidaritas kawan-kawan Mapala seluruh Indonesia”, ujar Inna Dprasta, sapaan Maria Helmi Yanti selaku perwakilan PKD Mapala NTT.

Sebelumnya, perwakilan PKD Mapala NTT yakni Maria Helmi Yanti, Yohanes Baptista Parera, dan Thomas Elvinus Duden Labamaking melakukan assessment data para pengungsi di kebun-kebun warga.

Baca Juga :  Pemkab Manggarai Barat Terima Kunjungan Kancab Jasa  Raharja NTT Radito Risangadi

Setelah mengantongi data para pengungsi dengan kebutuhannya, PKD Mapala yang juga secara taktis bekerja sama dengan relawan dari Posko Gerakan Muda Peduli Alam Raya (GEMPAR) Kolontobo mendistribusikan bantuan berupa makanan hingga logistik langsung ke pondok-pondok tempat mengungsi para korban bencana banjir bandang dan longsor pada Senin, 19 April 2021.

Inna Dprasta kepada wartawan mengatakan bantuan yang diberikan tersebut merupakan bentuk solidaritas kemanusiaan. Meski tidak mencukupi kebutuhan para pengungsi, ia berharap bantuan tersebut dapat meringankan kondisi darurat para korban bencana.

Baca Juga :  Percepatan Penurunan AKI dan AKB, Wagub NTT : Perlu Kolaborasi Semua Pihak

Tak hanya itu, sehari kemudian, tepat pada Selasa, 20 April April 2020, perwakilan PKD Mapala se-NTT bersama relawan dari GEMPAR Kolontobo berkunjung ke posko Puskesmas Waipukang, Kecamatan Ile Ape guna memberikan bantuan pakaian anak-anak dan snack untuk anak. Juga melakukan trauma hilling kepada anak-anak korban bencana.

“Kami berikan sedikit sumbangan pakaian anak-anak, snack dan permainan anak anak. Kami temani adik-adik main bola, temani mereka nyanyi, bikin pantun, hibur hibur lah pokonya. Semoga adik-adik lekas pulih dari trauma bencana kemarin dan bisa beraktifitas seperti biasanya”, tutup Inna Dprasta.

Baca Juga :  Kepala BPS NTT Ungkap Perkembangan Indeks Harga Konsumen, NTP, Ekspor-Impor, Pariwisata dan Tranportasi
Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment