RAKOR DAN EVALUASI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN KOTA KUPANG TAHUN 2019

Dibaca 165 kali

Faktahukumntt.com – Kota Kupang

 

[dropcap]D[/dropcap]inas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang melaksanakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Penyelenggaraan Pendidikan Tingkat Kota Kupang tahun 2019, Senin (16/12) bertempat di Hotel Maya Kupang. Kegiatan dengan tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” itu dibuka secara langsung oleh Asisten Pemerintahan Sekda Kota Kupang, Drs. Yoseph Rera Beka dan dihadiri oleh Inspektur pada Inspektorat Daerah Kota Kupang, Drs. Jewarus Alex, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Drs. Dumuliahi Djami, M.Si., serta para kepala TK/PAUD, Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama se-Kota Kupang.

Berdasarkan laporan panitia yang disampaikan oleh Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Drs. Adonia Frans Folamauk bahwa maksud rapat koordinasi dan evaluasi penyelenggaraan pendidikan di Kota Kupang adalah untuk merumuskan isu strategis dan prioritas pembangunan bidang pendidikan, dan selanjutnya menetapkan program dan kegiatan prioritas. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengkoordinasikan dan mengevaluasi penyelenggaraan pendidikan selama tahun 2018/2019 dan meningkatkan konsistensi perencanaan bidang pendidikan tahun 2020, menyelaraskan prioritas pembangunan daerah di bidang pendidikan, meningkatkan akuntabilitas dan transparansidalam perencanaan pembangunan khususnya bidang pendidikan, menyepakati hasil rakor dan evaluasi sebagai komitmen bersama untuk ditindaklanjuti pada tahun 2020 dan menciptakn programyang dapat menghasilkan insan Kota Kupang yang cerdas, berkarakter, berbudaya dann kompetitif.

Baca Juga :  KETUA MUI NTT : KERUKUNAN UMAT BERAGAMA HARGA MATI

Adapun hasil yang diharapkan panitia penyelenggara dari pelaksanaan kegiatan ini adalah adanya kesepakatan antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang dengan satuan pendidikan di Kota Kupang dalam pengembangan pendidikan yang bermutu, berdaya saing dan berkarakter mulia sedangkan output yang diperoleh adalah tersedianya data dan informasi dalam perencanaan bidang pendidikan dan terciptanya transparansi dan akuntabilitas manajemen pendidikan demi terwujudnya sistema tata kelola melalui penguatan ekosistem pendidikan.

Wali Kota Kupang yang dalam hal ini diwakili Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah Kota Kupang, Drs. Yoseph Rera Beka menyambut baik pelaksanaan rapat kerja tersebut karena dapat dijadikan sebagai sarana untuk membahas program-program yang strategis secara berkelanjutan, serta menyinkronkan seluruh visi dan misi para kepala sekolah agar sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kota Kupang yaitu Kupang Cerdas-Bergaya.

Baca Juga :  Peduli Covid 19, Anggota DPRD Kota Kupang dari PKB bagi Sembako untuk Masyarakat

Menurut Drs. Yoseph Rera Beka, gerakan reformasi bidang pendidikan menghendaki adanya partisipasi dalam dunia pendidikan dimana semua anak usia sekolah yang ada di Kota Kupang dapat ditampung dalam rombongan belajar ditiap sekolah guna melaksanakan proses belajar mengajar, selain pendidikan belajar mengajar di kelas anak didik juga harus memiliki wawasan yang luas.

“Pada kesempatan ini saya sangat mengharapkan agar para pihak sekolah baik kepala sekolah maupun guru-guru untuk dapat menjadi benteng bagi anak-anak didik di sekolah dari pengaruh negatif perubahan zaman, selain itu anak-anak didik kita juga harus di bentengi dari paham-paham radikal yang dapat merusak tatanan kehidupan bernegara dan bermasyarakat kedepan,” ujar Asisten I Sekretaris Daerah Kota Kupang tersebut.

Baca Juga :  156 ASN Terima Satyalancana Karya Satya, Sekda Kota Kupang: Ini Bentuk Penghargaan Pemerintah RI

Diakhir sambutannya, asisten I mengharapkan rapat kerja ini dapat merumuskan kebijakan dalam proses penyelenggaraan pendidikan yang bermutu bagi anak-anak sebagai generasi penerus bangsa khususnya daerah Kota Kupang sekaligus mengajak seluruh peserta rapat untuk mendukung dan berpartisipasi dalam segala program-program pembangunan khususnya pembangunan pendidikan di Kota Kupang. (pkd/chr).

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment