Taman Eden Investasi Pengembangan Internal yang Sangat Menguntungkan

Dibaca 360 kali

FHI-Oelmasi, Taman Eden merupakan salah satu program Pemerintaah Kabupaten Kupang yang dinilai memiliki nilai investasi pengembangan internal yang sangat megutungkan bagi masyarakat Kabupaten Kupang.

Pengembangan Investasi Internal dengan memanfaatkan potensi yang ada pada masyarakat merupakan salah satu upaya yang perlu dilakukan dalam mengembangkan dan membangun masyarakat Kabupaten Kupang yang lebih baik lagi. Pemanfaatan potensi masyarakat seperti lahan yang luas, tanah yang subur hingga mayoritas kehidupan masyarakat sebagai petani peternak sangat mendukung suksesnya program Taman Eden yang dicanangkan Pememerintah Kabupaten Kupang saat ini.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Kupang Ayub Titu Eki saat memimpin Rapat Koordinasi Pengelolaan Keuangan Desa Tingkat Kabupaten Kupang yang diikuti oleh Seluruh Kepala Desa lingkup Pemkab Kupang, para Camat hingga Pimpinan Dinas Sektor terkait, Jumat (05 Mei 2017) bertempat di Aula Kantor Bupati Kupang Kota Oelamasi. Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua KPUD Kabupaten Kupang yang juga Direktur Bidang Pemasaran Stenly Boimau serta Pimpinan Bank BNI Cabang Babau Samuel.

Lebih lanjut disampaikan Bupati Ayub bahwa bentuk perhatian Pemerintah saat ini ialah dengan pengucuran dana desa yang jumlahnya mencapai 1 Miliar lebih perdesa tahun 2017 ini. Bupati Ayub sangat berharap penggunaan dana desa dapat dimanfaatkan dengan baik dan efektif untuk memacu gerak pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang ada di desa.

Baca Juga :  “BERBAGI KASIH” ALUMNI SMAKER ONE KUNJUNGI PANTI ASUHAN NOELBAKI

Menurutnya pembangunan di Desa perlu dilakukan secara arif dan bijaksana dengan memperhatikan potensi-potensi yang ada apakah cocok untuk dikembangkan dalam bidang pertanian atau peternakan dengan memanfaatkan uang yang jumlahnya masih terbatas. “Saya harap dengan uang yang terbatas, pengelolaan keuangan perlu dilakukan secara arif dan bijaksana sehingga membawa dampak perubahan kearah yang lebih baik bagi pembangunan masyarakat Desa,” ungkap Bupati Kupang 2 periode tersebut. Terkait dengan kondisi di Kabupaten Kupang Titu Eki nyatakan bahwa pengembangan pertanian lewat program Taman Eden sangat perlu dilakukan mengingat banyak manfaat yang bisa didapat oleh masyarakat.

Menurut Ayub dengan dukungan dana Desa, Pengembangan Taman Eden dapat berjalan dengan baik dan dimaksimalkan dengan penanaman tanaman produktif, pembuatan kolam ikan hingga pembangunan embung-embung untuk memenuhi kebutuhan air. Sementara Kepala Pemberdayaan Masyarakat Desa Yohanis Masneno dalam laporannya menyatakan bahwa Rapat koordinasi perlu dilaksanakan dalam rangka membangun komunikasi yang efektif dengan perangkat desa sehingga pelaksanaan pelayanan kemasyarakatan dapat berjalan dengan baik. Terkait dengan anggaran dana Desa, dilaporkan Masneno diberikan bagi 160 desa yang ada di Kabupaten Kupang dengan jumlah perdesanya mencapai 1 Miliar lebih yang diharapkan dapat digunakan secara tepat bagi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. KETUA KPUD Sampaikan tahapan Pilkada Sementara itu Ketua KPUD Kabupaten Kupang Hans Louk pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa pada tahun 2018 kabupaten Kupang memasuki tahapan politik pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang baru periode 2019-2024.

Baca Juga :  PEMERINTAH KOTA DAN DPRD BERSINERGI MEMBANGUN KOTA KUPANG

Pemilihan sendiri sudah final dilaksanakan pada tanggal 27 juni 2018 dan diprediksi bisa diikuti oleh 7 paket. Pada kesempatan tersebut hans berharap Camat dan Kepala Desa dapat menjadi membantu mensukseskan pelaksanaan Pilkada agar dapat berjalan dengan baik, aman dan damai. Ditambahkannya bahwa tahun 2009 dan 2014 Pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Kupang berjalan dengan baik bahkan pada tahun 2014 KPUD Kabupaten Kupang dinobatkan sebagai penyelenggara Pilkada terbaik karena semua proses berjalan dengan baik, tanpa ada persoalan dan gugatan. Sangat besar harapan di tahun 2018 pelaksanaan Pilkada damai dapat berjalan dengan baik, aman dan damai.

Baca Juga :  Pelantikan Perangkat Desa Netpala Dan Desa Obesi Mollo Utara; Kalau Mau Kaya Jangan Curi Uang Negara

Sementara Jurnalis senior Timex Stenly Boimau dalam paparan materinya mengungkapkan bahwa media memiliki tanggung jawab dalam mensukseskan pembangunan di daerah.

Kehadiran media diharapkan dapat memberikan pecerahan, pemahaman dan pengetahuan bagi masyarakat khususnya perangkat Desa untuk mensukseskan roda pembangunan. Ditambahkan Stenly bahwa kedepan harian Timex akan mengadakan rapat bersama dengan BPKP, KPK dan Dinas pemberdayaan masyarakat Desa dalam rangka memberikan arahan dan pembekalan bagi perangkat Desa baik itu Kades, bendahara untuk dapat memanfaatkan anggaran dana desa secara baik, tepat sasaran bagi kemajuan pembangunan daerah.Jose/Humas

Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment