Boni Hargens: Bawaslu Harus Tegas Lakukan Evaluasi Subtantif, Bukan Sekedar Evaluasi Prosedural

Dibaca 2.3K kali Reporter : Gus Din verified

JAKARTA, faktahukumntt.com – 5 Desember 2022

Direktur Eksekutif Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Boni Hargens mengkritik safari politik yang dilakukan bakal calon presiden dari partai Nasdem, Anies Baswedan. Boni menilai langkah Anies Baswedan telah mencederai demokrasi elektoral.

Pranata pemilu, dalam hal ini Bawaslu RI, harus mengambil sikap tegas dan melakukan evaluasi substantif, bukan sekedar evaluasi prosedural-administratif,” kata Boni di Jakarta, Jumat (16/12/2022).

Boni memang mengakui bahwa aturan kampanye berlaku bagi calon presiden yang sudah terdaftar resmi di KPU. Namun, kata dia, hal tersebut tidak membatasi yurisdiksi dan kewenangan Bawaslu untuk melakukan pengawasan secara menyeluruh.

Baca Juga :  Bagi-Bagi Uang Sampai 1 Juta di Pilkada Kabupaten Samosir? Pilkada Bisa Diulang Atau Diskualifikasi Kandidat

Apa yang dilakukan Anies Baswedan merupakan curi startkampanye secara gamblang dan agresif. Hal itu tidak hanya melanggar aturan Pemilu, tetapi juga berpotensi menciptakan pembelahan politik yang dini di tengah masyarakat,” tegas Boni.

ads
Selanjutnya
Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment