Menteri Kelautan dan Perikanan Tinjau Lahan Tambak Garam Nunkurus Kabupaten Kupang

Dibaca 177 kali Reporter : *** verified

Menteri Kelautan dan Perikanan didampingi Gubernur NTT Tinjau Lahan Tambak Garam Nunkurus Kabupaten Kupang, Kamis 17 November 2022

OELAMASI, faktahukumntt.com – 17 November 2022

Menteri Kelautan dan Perikanan RI
Sakti Wahyu Trenggono pada hari ini Kamis 17 November 2022 melakukan kunjungan ke Provinsi NTT untuk meninjau lahan tambak garam di Nunkurus Kabupaten Kupang. Dalam peninjauan lahan tambak garam tersebut Menteri Trenggono turut di dampingi Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat.

Tinjauan ke Lahan Tambak Garam Nunkurus tersebut juga dirangkai dengan kegiatan Pertemuan Menteri bersama Gubernur dengan masyarakat Desa Oeteta terkait Tinjauan Usaha Pengembangan Pergaraman. Luas total lahan garam yang ditinjau tersebut seluas 1.900 Ha dan dapat menghasilkan panen garam sebanyak 300.000 ton.

“Kita ke sini untuk menindaklanjuti amanat Kemandirian Pergaraman Nasional, karena saat ini kita masih impor. Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berkoordinasi dengan Gubernur NTT, lahannya akan terus kita bangun, dan harapan saya akhir tahun 2023 NTT sudah memiliki kemampuan untuk berkontribusi besar terkait kebutuhan secara nasional,” ucap Menteri Trenggono.

Baca Juga :  *Tindaklanjuti Arahan Presiden, Wawali Pimpin Rakor Tangani Omicron*
Menteri Kelautan dan Perikanan didampingi Gubernur NTT Tinjau Lahan Tambak Garam Nunkurus Kabupaten Kupang, Kamis 17 November 2022

Tambak garam yang ada dioperasikan dengan metode geomembrane dan tradisional. Untuk itu, Menteri Trenggono mendorong masyarakat untuk memproduksi garam dengan model yang lebih maju agar produktivitas garam NTT dapat maksimal.

Comment