74 Tahun HMI MENGABDI, “Mengokohkan Komitmen Keislaman dan Kebangsaan”

Dibaca 370 kali Reporter : Ibnu Hj. M. K. Tokan, S.H. verified

Penulis: Ibnu Hj. M. K. Tokan (Formatur/Ketua Umum HMI Cabang Kupang)

PENGANTAR

Himpunan Mahasiswa Islam merupakan organisasi kemahasiswaan yang berdiri pada tanggal 05 Februari 1947 dengan Tujuan awal yang tidak terlepas pada gagasan dan visi perjuangan sosial budaya, yaitu :1) Mempertahankan negara Republik Indonesia dan mempertinggi derajat rakyat Indonesia. 2) Menegakkan dan mengembangkan ajaran Islam.

Sejalan dengan tujuan awal di atas HMI mulai mengevaluasi diri yang bersandar pada pilar akademis, pencipta dan pengabdi sehingga bertepatan dengan kongres HMI ke X di palembang redaksi tujuan di benahi sehingga berbunyi “Terbinanya Insan Akademis, Pencipta, Pengabdi yang Bernafaskan Islam dan Bertanggungjawab Atas Terwujudnya Masyarakat Adil dan Makmur yang Diridhoi Allah Subhanahu Wa Ta’ala”.

Baca Juga :  Apakah Mall sudah Sangat Urgen di KOTA MAUMERE..?

Kontekstualisasi misi HMI dari kongres ke X tahun 1971 sampai dengan hari ini telah melahirkan episentrum-episentrum baru bagi perkembangan peradaban.
Diusia yang ke 74 Tahun bukanlah usia yang dikatakan muda lagi. Dalam perspektif biologi usia yang semakin menuai menyebabkan seseorang mengalami penurunan daya ingat, daya tahan tubuh yang lemah serta berbagai kondisi yang mengalami penurunan kualitas yang berdampak baik secara psikis maupun fisik.

Apakah HMI pun demikian terjebak pada kooptasi semacam ini?

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment