Penulis : Josse

“Lalu apa saja mata pencaharian masyarakat yang ada di Sabu Raijua dan apa komoditas unggulan disana?”, tanya mereka dengan rasa penasaran. “Masyarakat Kabupaten Sabu Raijua seperti masyarakat lain secara umum di wilayah Nusa Tenggara Timur mengandalkan sektor pertanian dalam keseharian kehidupannya. Salah satu komoditas unggulannya adalah gula sabu.”, jawabku.

“Gula ini bentuknya cairan kental dengan warna kecoklatan. Proses pembuatan gula sabu dimulai dari pohon lontar yang disadap. Selanjutnya air hasil sadapan tersebut direbus dan ditambahkan garam serta daun pandan. Setelah dingin maka gula sabu sudah selesai di produksi dan biasanya dikemas dalam botol-botol mineral ukuran sedang ataupun dalam jeriken ukuran 5 liter.”, ceritaku lebih lanjut.

“Biasanya gula ini diseduh dengan air hangat ataupun dingin dan diminum seperti teh atau kopi. Atau sering juga gula ini digunakan dalam membuat rujak buah. Masyarakat Sabu Raijua meyakini bahwa kandungan dalam gula Sabu seperti madu. Berkhasiat dalam meredakan sakit mag, menurunkan darah tinggi dan diabetes.”, begitu informasi yang kutahu dan kusampaikan kepada para tamu dari Jakarta.

Gula sabu memang merupakan salah satu komoditas utama dari Kabupaten Sabu Raijua. Akan tetapi hasil dari produksi gula sabu belum membuat yang berkecimpung dalam proses produksinya “sejahtera”. Buktinya, tingkat kemiskinan di Sabu Raijua merupakan salah satu yang tertinggi di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jumlah penduduk miskin di Kabupaten Sabu Raijua pada tahun 2022 adalah sekitar 30 ribu jiwa atau 28,73 persen dari total penduduknya (BPS, Survei Sosial Ekonomi Nasional).

Tetap Terhubung Dengan Kami:
Laporkan Ikuti Kami Subscribe

CATATAN REDAKSI: Apabila Ada Pihak Yang Merasa Dirugikan Dan /Atau Keberatan Dengan Penayangan Artikel Dan /Atau Berita Tersebut Diatas, Anda Dapat Mengirimkan Artikel Dan /Atau Berita Berisi Sanggahan Dan /Atau Koreksi Kepada Redaksi Kami Laporkan,
Sebagaimana Diatur Dalam Pasal (1) Ayat (11) Dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.