Satsetsatset-nya Pembayaran Gaji Ketiga Belas Pada KPPN Larantuka

Dibaca 376 kali Reporter : Yurgo Purab verified

Faktahukumntt.com, Flores Timur-29 Juni 2022

Kebijakan Pembayaran Gaji Ketiga Belas

Salah satu kebijakan yang tepat sasar tengah diwujudkan pemerintah sebagai bentuk penghargaan atas kontribusi dan pengabdian aparatur negara, pensiunan, penerima pensiun, dan penerima tunjangan dalam rangka pencapaian tujuan pembangunan nasional. 

Yang mana bertepatan dengan dimulainya tahun ajaran baru untuk anak sekolah, maka pembayaran Gaji Ketiga Belas, sejatinya akan diperuntukkan untuk membantu kebutuhan pendanaan pendidikan.

Tentu hal ini menjadi kabar gembira yang setiap tahun diterima oleh kalangan Aparatur Sipil Negara, TNI dan Polri di seluruh wilayah Indonesia.

Pada tahun 2022, dasar hukum pembayaran Gaji Ketiga Belas sendiri telah diatur pada Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2022, peraturan yang sama dengan peraturan Pembayaran Tunjangan Hari Raya Tahun 2022 bulan April lalu, dengan harapan masih dalam rangka pemulihan ekonomi, yang secara global masih dibayangi dengan ketidakpastian dampak dari adanya dampak pandemi tersebut.

Di samping untuk pendanaan pendidikan, pemberian Gaji Ketiga Belas juga bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui pertumbuhan konsumsi pemerintah dan rumah tangga, serta menggeliatkan kembali perekonomian para pelaku UMKM yang mulai berangsur bangkit dari keterpurukan gara-gara terkena imbas pandemi Covid-19.

Nominal Gaji Ketiga Belas Tahun 2022 dipastikan akan diterima lebih besar daripada Gaji Ketiga Belas tahun sebelumnya.

Secara umum kebijakan pembayaran Gaji Ketiga Belas diberikan kepada aparatur negara, pensiunan, penerima pensiun, dan penerima tunjangan serta dapat mulai dibayarkan pada awal Juli 2022 dengan besaran sebesar gaji/pensiunan pokok dan tunjangan yang melekat pada unsur gaji/pensiun pokok berupa tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan struktural/fungsional/umum, dan lima puluh persen tunjangan kinerja dengan dasar pembayaran sesuai dengan komponen penghasilan yang dibayarkan pada bulan Juni 2022.

Baca Juga :  "LESBI DAN HOMO" Upaya Memahami Eksistensi Dan Jatidiri Mereka

Pembayaran Gaji Ke-13 Pada KPPN Larantuka

Kantor Pelayanan Perbendaharaaan Negara (KPPN) merupakan instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan yang berada di daerah, dengan tugas melaksanakan kewenangan perbendaharaan dan Bendahara Umum Negara, penyaluran pembiayaan atas beban anggaran, serta penatausahaan penerimaan dan pengeluaran anggaran melalui dan dari kas negara berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

KPPN Larantuka sebagai salah satu instansi vertikal di bawah Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang berada di wilayah Nusa Tenggara Timur dan bertanggung jawab langsung kepada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Nusa Tenggara Timur, melaksanakan pembayaran Gaji Ketiga Belas dari satuan kerja mitra yang memperoleh sumber dana dari APBN. Proses pembayaran Gaji Ketiga Belas dimulai dengan diajukannya Surat Perintah Membayar (SPM) dari satuan kerja melalui aplikasi SAKTI setelah sebelumnya dilakukan rekonsiliasi gaji terlebih dahulu, kemudian nantinya SPM Gaji Ketiga Belas tersebut diproses menjadi Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) oleh KPPN Larantuka.

Meskipun sesuai PP Nomor 16 Tahun 2022 Gaji Ketiga Belas dapat dibayarkan mulai tanggal 1 Juli 2022, namun begitu sesuai dengan Petunjuk Teknis Pembayaran Gaji Ketiga Belas dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan, SPM Gaji Ketiga Belas dapat mulai diajukan oleh satuan kerja mitra KPPN mulai tanggal 24 Juni 2022.

Baca Juga :  Jokowi Amati KPK Takut Pecat Novel Baswedan

Akan tetapi SP2D Gaji Ketiga Belas sendiri akan diberikan penanggalan mulai dari tanggal 1 Juli 2022, sehingga cair lebih tepat pada 1 Juli 2022.

KPPN Larantuka sendiri telah melakukan langkah-langkah strategis dan akurat dalam mendorong satker mitra kerja untuk dapat segera melakukan rekonsiliasi gaji dan mengajukan SPM Gaji Ketiga Belas pada kesempatan pertama, dimana langsung mendapatkan respon positif dari para pengelola keuangan dari satker mitra kerja.

Para petugas dari KPPN Larantuka dengan tulus dan sigap memberikan pendampingan dan layanan ekstra dalam hal operator SPM dari satuan kerja mengalami kesulitan dalam pembuatan SPM Gaji Ketiga Belas, baik layanan konsultasi melalui jalur pribadi telepon dan chat whatsapp maupun melalui whatsapp grup operator satuan kerja.

KPPN Larantuka juga telah membuka layanan tambahan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 25 dan 26 Juni 2022 untuk memberikan kesempatan bagi satuan kerja yang ingin mengajukan SPM Gaji Ketiga Belas pada saat weekend.

Langkah strategis serta cekatan yang dilakukan oleh para punggawa KPPN Larantuka ini telah dibuktikan dengan terselesainya seluruh pemrosesan SPM Gaji Ketiga Belas yang diajukan oleh satuan kerja pada Rabu tanggal 29 Juni 2022 atau hanya dalam rentang waktu 4 hari kerja sama seluruh satuan kerja mitra kerja telah mengajukan SPM Gaji Ketiga Belas ke KPPN Larantuka.

Menurut monitoring data, sampai dengan tanggal 29 Juni 2022 KPPN Larantuka telah memproses sebanyak 62 SPM Gaji Ketiga Belas dari seluruh satuan kerja mitra kerja pembayar gaji ASN Pusat yang bersumber dari APBN, dengan nonimal sebesar Rp.6.220.321.900,- (Enam Milyar Dua Ratus Dua Puluh Juta Tiga Ratus Dua Puluh Satu Ribu Sembilan Ratus Rupiah).

Baca Juga :  ADVOKAT: ANTARA KLIEN, HUKUM DAN KEADILAN

Sedangkan untuk pembayaran Tunjangan Kinerja (Tunkin) Ketiga Belas, baru sebanyak 36 SPM Tunkin Ketiga Belas yang diajukan oleh satuan kerja mitra dengan nominal sebesar Rp.534.874.515,- (Lima Ratus Tiga Puluh Empat Juta Delapan Ratus Tujuh Puluh Empat Ribu Lima Ratus Lima Belas Rupiah).

Memang untuk pembayaran SPM Tunkin Ketiga Belas belum terealisasi semua oleh satuan kerja yang mengajukan, karena sebagian satuan kerja baru akan mengajukannya ke KPPN Larantuka pada bulan Juli 2022.

Bisa dikatakan pihak KPPN Larantuka dan para satuan kerja mitra melakukan langkah yang satsetsatset agar seluruh ASN dapat segera menikmati Gaji Ketiga Belas tepat di hari pertama bulan Juli 2022 untuk berbagai tujuan dan sesuai dengan pesan Menteri Keuangan, Sri Mulyani pada saat memberikan Press Statement secara daring.

“Kita mengharapkan dengan adanya Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas, percepatan pemulihan ekonomi nasional dapat makin didorong dengan menambah daya beli masyarakat, khususnya menjelang tahun ajaran baru, di mana kebutuhan terhadap belanja untuk anak-anak didik, biasanya dihadapi oleh para orang tua,” tandas Sri Mulyani

Penulis :
Ibnu Haris Felama
(Kepala Seksi Pencairan Dana Dan Manajemen Satker KPPN Larantuka)

Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment