Seberapa Sakti-kah Aplikasi Sakti ?

Dibaca 1.9K kali Reporter : ** verified

Dalam hal perbaikan proses bisnis untuk mewujudkan E-Government, Kementerian Keuangan telah melakukan perubahan besar dalam tata kelola dan akuntabilitas keuangan negara dengan hadirnya Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) yang dilaunching oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 29 April 2015 di Istana Negara. Sistem ini mengintegrasikan semua aspek sistem mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan anggaran, sampai dengan pertanggungjawaban anggaran ke dalam satu sistem terdigitalisasi dengan baik.

Adapun tujuan dari adanya sistem SPAN ini adalah sebagai upaya peningkatan kualitas pengelolaan keuangan negara, peningkatan keakuratan dan akuntabilitas data, serta dalam rangka meningkatkan kualitas laporan keuangan.

Baca Juga :  Ketua DPD KAMIJO BELU: MASIKU, MASAKO DAN MASAKU

Sistem Aplikasi Keuangan Satuan Kerja

Keberhasilan dan kesuksesan pengembangan aplikasi SPAN di tingkat Bendahara Umum Negara (BUN)/Kuasa BUN, harus diimbangi dengan suatu sistem aplikasi yang tangguh dan andal di tingkat Satuan Kerja Kementerian Negara/Lembaga, serta harus mampu menjawab tantangan untuk simplifikasi/penyederhanaan dari seluruh aplikasi yang telah digunakan oleh para satuan kerja. Aplikasi existing yang telah digunakan oleh satuan kerja antara lain ada aplikasi RKA-KL DIPA, aplikasi SAS (dengan beberapa modul), aplikasi gaji (GPP/DPP/BPP), aplikasi SIMAK BMN dan Persediaan, sampai dengan aplikasi SAIBA. Masing-masing aplikasi tersebut masih bersifat terpisah (stand alone) dan dengan database yang terpisah.

Baca Juga :  Menceritakan Kelahiran Melalui Tenun Ikat NTT

Dengan demikian sebagai upaya mendukung pengembangan aplikasi SPAN, dikembangkanlah Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI). Pengembangan dan implementasi SAKTI ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan APBN yang mengintegrasikan seluruh sistem aplikasi yang dimiliki oleh satuan kerja Kementerian Negara/Lembaga mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan pelaporan/pertanggungjawaban anggaran dalam satu database (single database) dan terinterface dengan SPAN dalam setiap tahapan siklus anggaran yang diterapkan dalam modul-modul yang terdapat pada aplikasi SAKTI.

Sebelumnya
Selanjutnya
Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment