Meko, Pasir Timbul Di Tengah Laut, Flores Timur Masuk Tiga Besar Anugerah API 2020

Dibaca 780 kali Reporter : Yurgo Purab verified

Faktahukumntt.com, Flores Timur-18 Mei 2021

Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 yang disponsori oleh panitia ayo jalan-jalan di tingkat Pusat pada bulan Mei (2020) lalu berhasil membawa nama Kabupaten Flores Timur di tingkat Nasional. Pasalnya, salah satu icon objek wisata pasir putih Meko, berhasil masuk tiga besar anugerah API. Hal itu diungkapkan Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Flores Timur, Petrus Pemang Liku, S.sos., MT di ruang kerjanya pada Senin,17 Mei 2021

“Waktu itu, kita ikut nominasi yang ditawarkan. Kita memilih wisata air. Pilihan kita pada objek wisata pasir putih pulau Meko”, ujar Petrus.

Penilaian di tingkat pusat, jelas Petrus, pada Bulan Juli-Agustus, dikabarkan bahwa Meko masuk nominasi 10 besar. Selanjutnya, akan diadakan vote dan alhasil, pada Bulan Januari, Meko masuk tiga besar di tingkat Nasional.

Baca Juga :  Bupati Kupang Canangkan Rencana Aksi Daerah Revolusi 5P

“Bulan Januari kita masuk tiga besar program pesona indonesia kategori air. Sudah ada surat kepada Bupati dan juga dinas terkait”, Terangnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Flores Timur menerangkan lebih jauh, pada Kamis, 20 Mei 2021 nanti, Bupati Flores Timur bersama Dinas terkait akan ke Labuan Bajo menerima penyerahan anugerah tersebut. Penyerahan tersebut dihadiri oleh beberapa menteri terkait, gubernur dan walikota serta tamu undangan.

Ia menyebut, dengan penghargaan yang diberikan ini, Meko tentu semakin banyak dikenal dan dilirik oleh wisatawan asing maupun domestik.

Baca Juga :  Pohon Pisang Terbesar Di Dunia Ditemukan Di Pedalaman Papua

“Kita sadari bersama bahwa belum banyak fasilitas yang mendukung objek wisata ini. Tetapi nanti kita terus lakukan konsultasi dan koordinasi dengan berbagai pihak. Tentu pemkab Flotim sendiri dari waktu ke waktu sudah melihat Meko ini sebagai deatinasi besar di Kabupaten Flores Timur. Dari aspek wisata lautnya, Meko menjadi wisata air di Flores Timur”, bebernya.

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Flores Timur berharap, dengan penghargaan yang ada, fasilitas pendukung terus dibenahi. Selain itu masyarakat diharapkan terus menjaga keamanan, kenyamanan serta kebersihan yang ada disekitaran wilayah Pasir Putih Meko.

Baca Juga :  JEJAK PETUALANGAN ANAK DESA

Silvester Kabelen, Kabid Pemasaran di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Flores Timur menegaskan dengan adanya penghargaan ini, penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan segera dihentikan.

“Tentu underwaternya seperti terumbu Karang kemudian spot diving,  kita perhatikan. Kemudian penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan seperti pemboman ikan itu tidak boleh lagi terjadi”, ungkapnya.

Ia menambahkan, Dinas Paiwisata dan Kebudayaan Flores Timur akan bangun tambat apung, juga atraksi kebudayaan lainnya terus dkembangkan. Dan produk-produk kuliner daerah terus ditingkatkan sehingga ekonomi masyarakat juga dikembangkan di sana*

Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment